article / Interior / INSPIRASI DESAIN MEZZANINE UNTUK HUNIAN MINIMALIS ANDA. INTIP INSPIRASINYA YUK
17 November 2021 960 Views

INSPIRASI DESAIN MEZZANINE UNTUK HUNIAN MINIMALIS ANDA. INTIP INSPIRASINYA YUK


Masih asing dengan rumah mezzanine? Pada umumnya, mezanin adalah sebuah lantai tanpa sekat yang menjadi perantara antara lantai utama bangunan.Mezzanine berasal dari bahasa italia dengan sebutan “Mezzano” yang memiliki arti tengah. Jadi, rumah mezzanine adalah sebuah ruangan tambahan yang terletak di antara lantai serta plafon. Rumah dengan desain mezanin sangat populer diaplikasikan di hunian perkotaan, lho. Area ini bisa bertujuan untuk menambah ruangan tanpa harus membuat lantai tambahan. Tertarik untuk membuat ruamh dengan desain mezzanine? Penentuan desain rumah mezzanine tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Idealnya, posisi lantai mezanin dibuat di tengah-tengah dua lantai rumah, yakni antara lantai dasar dan langit-langit atau plafon rumah. Meskipun ukuran rumah mezzanine harus disesuaikan menurut tinggi langit-langit, namun pastikan bahwa lantai mezanin tersebut mempunyai tinggi layaknya ruangan normal sehingga kepalamu tidak mudah terbentur. Yuk kita intip beberapa inspirasi desain rumah dengan menggunakan Konsep Mezzanine berikut ini :

1. Mezzanine diatas Dapur

pinterest.com

Dapur pada umumnya tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon. Dengan begini, Anda bisa memanfaatkan ruang yang tersisa di atas dapur. Pada desain mezzanine di rumah ini, bagian atas dapur dimanfaatkan sebagai kamar tidur. sangat unik bukan konsep diatas, bagi anda yang suka dengan tema scandinavian bisa banget menggunakan tema ruangan diatas yaitu dengan menonjolkan warna putih dan coklat pada lantai.

2. Desain Mezzanine untuk perpustakaan Mini

decorartist.com

Bukan hal yang mustahil menghadirkan perpustakaan mini di kamar si kecil. Dengan desain mezzanine, Anda bisa mendesain perpustakaan sekaligus area bekerja di dalam rumah anda. Anda bisa menyimpan beberapa buku dan dokumen anda diperpustakaan pribadi anda ini. Selain menghemat tempat, anda juga bisa memaksimalkan ruangan agar lebih multifungsi. Pemilihan perabotan juga sangatlah penting, terlebih jika lantai rumah mezzanine dipakai secara aktif untuk beraktivitas sehari-hari. Sebaiknya, pilih jenis perabotan yang ukurannya tidak terlalu tinggi karena bisa memberikan kesan sumpek pada ruangan dan memilih perabotan yang hemat tempat seperti meja lipat ataupun kursi lipat.

3. Mezzanine untuk Kamar Anak

houzz.com

Dilema bagi para orang tua yang memiliki anak ialah menempatkan anak untuk belajar mandiri. Pasti akan dimulai dengan belajar tidur sendiri. Nah, bagi anda yang ingin menumbuhkan kemandirian anak, tetapi anak masih belum mau untuk pisah kamar konsep kamar ini sangat cocok untuk anda. Menyatukan kamar utama dengan kamar buah hati juga bisa dilakukan dengan desain mezzanine. Anda bisa mendesain kamar anak di atas kamar tidur utama. Sebagai pengubung, aplikasikan tangga di antara keduanya. 

4. Mezzanine untuk Kamar Tidur Utama

pinterest.com

Tak hanya untuk tambahan ruang, desain mezzanine juga bisa diaplikaskan sebagai tempat untuk kamar tidur utama. Seperti pada apartemen ini, agar ruang mungil terlihat lebih maksimal, kamar tidur utama didesain menggunakan konsep mezzanine. Tangga sebagai akses ke ruang tidur utama pun dimaksimalkan sebagai area penyimpanan. Dengan desain seperti ini, apartemen terlihat lebih menarik. Nah solusi bagi anda nih yang mempunyai apartemen yang minimalis, bisa menggunakan ide ini untuk mengoptimalkan ruang apartemen anda.

5. Mezzanine dengan Mengoptimalkan Pencahayaan

pinterest.com

Distribusi cahaya dan udara pun sangatlah penting untuk kamu perhatikan saat membangun rumah mezzanine. Setidaknya, buatlah sebuah jendela pada salah satu sisi lantai mezanin agar sirkulasi udara dan pencahayaan alami bisa masuk ke dalam ruangan. Jika hal tersebut dirasa kurang, kamu bisa menggunakan lampu dengan cahaya yang disesuaikan menurut fungsi ruangan serta menambahkan kipas angin pada sudut lantai ataupun dinding agar ruangan tetap sejuk dan memberikan kenyamanan pada penghuni rumah.

6. Mezzanine diatas Storage

pinterest.com

Area mezzanine sebenarnya tidak harus selalu dibangun di atas ruang di rumah. Seperti pada apartemen ini, kamar tidur didesain di atas storage. Dengan desain seperti ini, hunian mungil pun jadi memiliki area penyimpanan tambahan yang cukup besar. Didesain secara tertutup, storage jadi tampak rapi. Jangan lupa terapkan skylight agar ruang jadi terlihat terang. Rumah mezzanine menjadi salah satu jalan keluar untuk permasalahan ruang terbatas. Dengan menambahkan lantai mezzanine akan membantu Anda mendapatkan ruang tambahan. Tidak perlu memiliki area yang luas, lantai mezzanine dinilai sangat efektif dan juga memaksimalkan ruang yang ada.

Nah, tersebut diatas merupakan beberapa konsep rumah mezzanie yang dapat anda jadikan inspirasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ya. Jangan lupa untuk membuat rumah idaman sesuai dengan karakter anda dan budget anda ya. Terima kasih :)

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter