article / Building / INTIP RUMAH PANGGUNG GAYA MODERN, KOK BISA? BISA DONG YUK KITA SIMAK !
14 September 2021 867 Views

INTIP RUMAH PANGGUNG GAYA MODERN, KOK BISA? BISA DONG YUK KITA SIMAK !


Mendengar istilah ‘rumah panggung’, kamu mungkin pasti akan berpikir kepada rumah adat tradisional yang sudah lama eksis di tanah Nusantara. Tetapi rumah panggung juga bisa menjadi tipe hunian pilihan yang modern, minimalis dan serba elegan.  Rumah panggung identik dengan rumah adat tradisional, terutama di daerah Kalimantan atau Sumatra. Tahukah kamu, konsep ini juga bisa diaplikasikan pada hunian modern lho. Berikut beberapa inspirasi desain rumah panggung minimalis yang bisa ditiru! Arsitektur rumah panggung bisa dijadikan alternatif sebagai hunian anti banjir. Tidak harus dari kayu, material beton pun bisa digunakan untuk membangun rumah panggung minimalis. Daripada bingung, yuk simak beberapa konsep hunian panggung berikut ini.

1. Rumah Panggung Modern Full Kaca

pinterest.com

Rumah panggung minimalis merupakan salah satu desain hunian yang dapat diaplikasikan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar yang dimaksud adalah kontur permukaan tanah atau daerah pesisir pantai. Penggunaan desain rumah konsep panggung pada pesisir pantai bisa menjadi solusi mencegah rumah banjir saat air pasang.

Selain itu, rumah konsep panggung cocok dibangun pada daerah yang kontur permukaan tanahnya berbukit seperti di pegunungan. Rumah panggung tidak selalu terlihat tradisional, buktinya beberapa bangunan seperti resort di daerah pegunungan banyak mengadopsi gaya rumah konsep panggung namun tetap terkesan modern dan mewah. Kuncinya adalah pada penempatan desain interior yang tepat agar rumah panggung tetap terlihat modern.

2. Rumah Pangung Klasik Modern

Pinterest.com

Jauh berbeda dengan rumah panggung adat, rumah panggung modern bisa menggunakan berbagai macam konsep arsitektur yang memukau. Pada umumnya, rumah panggung modern kerap mengusung tema arsitektur klasik modern, seperti yang bisa dilihat terutama di kompleks perumahan ekslusif hingga rumah gaya klasik di kota- kota Amerika Serikat.

Selain itu, rumah panggung modern dengan arsitektur minimalis juga mulai menjamur di berbagai kota- kota besar untuk masyarakat kosmopolitan, contohnya di Negara Filipina yang rentan banjir.

3. Rumah Panggung bentuk Kubus

freshome.com

Kali ini inspirasi rumah panggung selanjutnya ialah rumah panggung dengan bentuk kubus. Rumah panggung modern memiliki kesan yang sedikit berbeda dengan rumah lantai. Kualitas yang berbeda ini terutama karena penggunaan bahan panggung yang terbuat dari konkrit maupun kayu. Karena fitur pondasi yang kokoh ini, akan ada perspektif yang berbeda pula, seperti rasa aman.

Untuk rumah panggung modern yang menggunakan pondasi lantai kayu, tentunya penghuni akan semakin dimanjakan dengan suasana lantai yang lebih empuk dan nyaman pada kaki.

3. Rumah Panggung 2 lantai

Google.com

Rumah panggung dengan dua lantai seperti gambar di atas cocok diaplikasikan pada desain bangunan serbaguna yang berada di pesisir pantai maupun perbukitan. Dengan mengaplikasikan desain di atas, Anda dapat memiliki beragam ruang yang cukup luas, yang dapat digunakan untuk beragam fungsi. Kesan minimalis tradisional sangat nampak pada bangunan ini bukan? di lantai bawah anda dapat memakainya untuk parkir motor maupun mobil atau hanya sekedar anda pakai untuk ruang olahraga misalnya tenis meja.

5. Rumah Panggung Rangka Batu

Pinterest.com

Rumah ini tentu jarang, atau bahkan tidak pernah kita lihat di Indonesia. Bentuk rumah kotak yang tampak kaku ini seringnya diterapkan pada bangunan di luar negeri. Namun, Anda tetap bisa mengaplikasikannya di Indonesia. Sehingga hunian Anda akan tampil menonjol di lingkungan rumah. Desainnya sederhana, berbentuk memanjang dengan dua akses keluar masuk. Teras dibangun setengah tertutup, dengan tembok di salah satu sisi dan atap untuk melindungi dari angin dan hujan. Rangka panggungnya terbuat dari bebatuan, dengan beberapa sisi yang masih melengkung alami. Letakkan pot tanaman hias agar rumah terlihat lebih cantik dan alami.

6. Rumah Panggung EcoFriendly

Pinterest.com

Rumah yang ramah dengan lingkungan seperti pada desain di atas biasanya menggunakan sedikit tenaga listrik. Hal ini dikarenakan konsep terbuka yang diaplikasikan pada desain rumah akan memberi nuansa sejuk tanpa banyak menggunakan pendingin ruangan. Jenis rumah ini cocok dibangun pada daerah tropis seperti di Indonesia. Bagaimana apakah anda tertarik membuat rumah panggung dengan konsep ecofriendly seperti diatas? Yuk sesuaikan dengan konsep dan lingkungan anda ya apakah cocok ,membuat rumah dengan konsep rumah panggung seperti ini.

Beberapa contoh diatas merupakan inspirasi rumah panggung modern yang dapat anda jadikan inspirasi untuk membuat rumah idaman anda lho. Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali dengan budget anda ya. Juga jangan lupa untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar rumah anda apabila anda ingin membuat rumah dengan konsep seperti ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter