article / Building / M.A.DI. home: Rumah Modular Fleksibel yang Dibangun Hanya dalam Waktu 6 Jam
13 Desember 2019 5K Views

M.A.DI. home: Rumah Modular Fleksibel yang Dibangun Hanya dalam Waktu 6 Jam

Rumah M.A.Di. ini adalah rumah hunian modular yang dapat dibongkar pasang. Menggunakan teknik lipatan, sistem konstruksi dari rumah ini sendiri juga dirancang tahan gempa untuk perumahan, liburan, ataupun perhotelan. M.A.DI. juga dapat digunakan sebagai hunian penduduk sementara untuk olahraga, pameran, dan juga pertolongan pertama jika terjadi bencana alam.

Bangunan satu ini merupakan rumah yang berevolusi dan menjadi solusi untuk pasaran rumah saat ini. Rumah portable dapat berkembang, berubah, ataupun dipindah ke mana saja. Hal ini menciptakan kenyamanan dan keamanan tempat karena dapat diubah sesuai kebutuhan masing-masing orang. Inovasi dan juga teknologi yang diterapkan pada hunian serta ruang yang sehat dengan material kayu ramah lingkungan adalah kunci dari rumah hunian yang nyaman. Dalam konstruksinya juga tidak terdapat dampak pada lingkungan dimanapun bangunan ini dibangun atau dipindah.

Rumah satu ini tidak membutuhkan dasar beton pada struktur bawah rumah. M.A.DI. menggunakan permukaan yang dinaikkan. Sedangkan untuk bangunan yang berdiri lebih lama disarankan untuk memasangkan strukturnya dengan pondasi ulir. Sistem ini tidak akan mempengaruhi tanah pada lingkungan.

Terdapat 5 jenis desain dengan menggunakan modul ini bergantung pada luasan bangunannya. Dari 27 meter persegi hingga 84 meter persegi.

single module - tiny


Pada ukuran 27 m2 bangunan menggunakan modul single sehingga terbentuk hunian yang kecil. Berisi dua lantai dengan kamar tidur pada bagian atasnya.

double module

Lalu pada ukuran 56 m2 dengan kategori young menggunakan dua buah modul sedangkan ukuran 46 m2 memiliki karakteristik luxury dengan menggunakan dua modul, material khusus, dan furniture custom.


triple module

Sedangkan untuk penggunaan 3 modul terdapat pada hunian berukuran 84 m2 dengan karakteristik hunian keluarga, lalu untuk yang berukuran 70 m2 didesain berkarakteristik cottage dengan serambi di depannya.


Rumah ini tidak menggunakan pondasi dengan pengeboran tanah untuk didirikan di atas permukaan. Ketika bangunan tidak dibutuhkan, pemilik dapat melipat strukturnya kembali dan dipindahkan ke tempat lainnya. Tidak hanya pembangunannya yang ramah lingkungan, bangunan ini juga dilengkapi dengan panel surya untuk penyimpanan energi matahari. 

Membangun rumah ini tentunya dibebaskan kepada pemiliknya. Baik untuk hunian sementara ataupun permanen, rumah ini dapat dirancang sesuai keinginan baik dari dimensi ukutan hingga material yang digunakan sesuai dengan dana yang dimiliki. Dalam pembangunannya, rumah ini dapat beradaptasi setelah dua hari pada lingkungannya dengan lama pembangunan 6 hingga 7 jam dengan 3 orang pekerja. Mudah dan juga efisien.

Bangunan yang ramah lingkungan ini dapat dipasang, dilepas, aman, serta nyaman untuk penghuninya. Dalam pembangunannya tentunya tidak ada izin yang pakem karena sifatnya yang sementara. Akan tetapi tetap dibutuhkan izin kepada orang yang berwenang di area lokal tersebut agar dapat mendirikan bangunan ini. Bangunan ini dinyatakan aman karena sistem perancangannya sudah tersertifikasi dan juga materialnya yang berkualitas tinggi.

Tidak ada batasan dalam penggabungan modul rumah ini. Pembagian ruang dalam rumah ini dapat dibagi menjadi dua lantai. Pada lantai dasarnya di dua modul bangunan akan terdapat lounge dengan tangga ke atas, dapur, dan juga kamar mandi. Sedangkan lantai atasnya difungsikan untuk kamar tidur. Penggabungan modul tentunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Kombinasi modul dengan lebar yang berbeda akan menyajikan estetika pada bentuknya ataupun malah bersifat fungsional seperti adanya serambi dan balkon.

sumber: M.A.DI. Home


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter