article / Living Room / Pedoman Jitu Pemilihan Lampu Hias Ruang Tamu!
22 Juli 2022 422 Views

Pedoman Jitu Pemilihan Lampu Hias Ruang Tamu!

Menciptakan suasana nyaman pada ruang tamu dapat dipercantik dengan lampu hias. Lampu hias menjadi ornamen penting dalam ruangan karena fungsi estetika dan fungsional. 

Ada berbagai macam variasi lampu hias, baik dari segi jenis maupun merek. Banyaknya variasi lampu hias membuat Anda sulit ketika memilih, sederhananya untuk memilih lampu hias bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Berikut ini pedoman jitu dalam memilih lampu hias ruang tamu dari dua sisi aspek, simak baik-baik informasi kali ini!

 

Pedoman: memperhatikan aspek kondisi ruang tamu

pinterest/jasonvong

Inilah pedoman yang merujuk pada kondisi di ruang tamu, diantaranya sebagai berikut:

 

1. Mengukur ruang tamu

Billy Cegglia Designs memaparkan poin-poin penting dalam memilih lampu hias, terutama momen-momen sebelum membelil produk pencahayaan. 

Dalam pemaparannya dijelaskan bahwa langkah awal sebelum memilih lampu hias ruang tamu adalah mengukur ruangan dimulai dengan perhitungan panjang dan lebar, satuan ukuran inchi. Inilah titik ideal pemilihan produk pencahayaan.

 

2. Memperhatikan kondisi arsitektur dan dekoratif 

pinterest/thespruce

Dalam memilih lampu hias perlu memperhatikan keseimbangan kondisi arsitektur ruang tamu dan lampu hias dekoratif. 

Lampu hias menjadi produk pencahayaan fungsional dan estetika, menciptakan suasana harmonis antara rasa, hati, dan emosi. Tidak hanya itu, lampu hias dapat menjadi titik fokus dalam ruang tamu, menimbulkan kesan spektakuler.

 

3. Menggabungkan beberapa tingkatan pencahayaan

pinterest/anandhuregi

Saat mendesain ruangan termasuk ruang tamu, Anda harus memperhatikan tingkatan pencahayaan. Maksud semua ini adalah menggabungkan lampu utama maupun lampu yang dipasang pada area pojok. 

Pencahayaan dari lampu hias biasanya digunakan untuk menimbulkan kesan hangat di ruang tamu, berbeda lagi dengan lampu utama dengan fungsi menghilangkan kegelapan.

 

4. Think: jika ragu tinggalkan saja

Dalam memilih lampu hias ada baiknya memikirkan pepatah, “Jika ragu, tinggalkan saja.” Sederhananya, apa yang Anda tambahkan di dalam ruang tamu seperti lampu hias, lakukan saja. 

Tidak usah ragu untuk menambahkan lampu hias, sedikit kejutan menjadi keputusan tepat untuk memperindah ruang tamu.

 

Pedoman: memperhatikan aspek produk 

 

pinterest/adarshdzlr

 

Inilah pedoman yang dapat diperhatikan dari sisi produk lampu hias, diantaranya sebagai berikut:

 

1. Memperhatikan spesifikasi produk

pinterest/bambooban

Saat memilih produk lampu hias perhatikan spesifikasinya. Ada banyak jenis produk dan model lampu hias. Anda harus tahu spesifikasinya lengkap. 

Tidak hanya spesifikasi saja yang diperhatikan, perhatikan juga harga dari lampu hias. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu melalui internet. 

 

2. Mengutamakan kualitas

Dalam memilih lampu hias, ada baiknya mengutamakan kualitas produk. Kualitas lampu hias menjadi aspek penentu ketahanan dan keawetan produk. 

Jangan tergoda dengan harga di bawah rata-rata karena ada kaitannya dengan lampu hias yang dipilih. Jika bingung untuk memilih produk berkualitas tinggi, ada baiknya menanyakan langsung ke penjual. 

 

3. Memperhatikan merek

Pemilihan lampu hias harus memperhatikan merek. Merek ternama sudah pasti produk pencahayaan yang dipasarkan terpercaya.

Pilihlah lampu hias dengan merek ternama dan familiar, karena produk-produk tersebut sudah dipercaya akan kualitasnya. 

 

4. Mengutamakan fungsi

pinterest/hasan

Menggunakan lampu hias tidak semata mengedepankan nilai estetika saja, melainkan juga fungsinya sebagai penerang ruangan. 

Jangan memilih lampu hias yang tidak sesuai dengan kebutuhan penerangan ruang tamu, karena merugikan diri sendiri, kurang lebih membuang-buang uang. 

Itulah beberapa pedoman yang bisa Anda terapkan saat memilih lampu hias, kombinasikan kedua aspek antara kondisi ruangan dan produk. Lampu hias ruang tamu dapat mengubah suasana ruang tamu dan mengubah kondisi hati penghuninya. Lampu hias dapat menghangatkan kondisi ruang tamu.


Sumber: thespruce



 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter