article / Building / 10 Masjid Yang Mempesona Di Dunia
21 Mei 2020 231 Views

10 Masjid Yang Mempesona Di Dunia

Masjid telah ada selama lebih dari seribu tahun sebagai tempat ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia. Hingga hari ini, keindahan dan sejarah yang kaya dari tempat-tempat suci ini terus menginspirasi pengunjung. Kami daftar 10 masjid menakjubkan dari seluruh dunia yang akan membuat Anda terpukau.

 

1. Masjid Sheikh Lotfollah

Sheikh Lotfollah Mosque ceiling © Blondinrikard Fröberg/Flickr

 

Robert Byron pernah berkata bahwa kota Isfahan di Iran tidak kalah indah dari Athena dan Roma, namun karena jarak geografisnya dari dunia Barat, kota itu jarang dieksplorasi. Ini adalah lokasi Masjid Sheikh Lotfollah yang dibangun antara 1602 dan 1619 pada masa pemerintahan Shah Abbas I, sebuah mahakarya arsitektur dan ruang multi-fungsi yang juga merupakan rumah bagi kafilah kerajaan, pemandian, mint kerajaan, dan rumah sakit.

Masjid Sheikh Lotfollah, Ghal-e-Tabarok, Isfahan, Iran

 

2. Masjid Aqsunqur

Aqsunqur Mosque | © Baldiri/WikiCommons


Berasal dari abad ke-14, Masjid Aqsunqur berdiri dengan megah di ibukota Mesir, Kairo. Mencerminkan gaya Ottoman yang jelas, lengkap dengan ubin Iznik khas dalam bentuk pohon cemara dan tulip dalam vas, masjid ini juga berisi makam pendirinya, Shams El-Din Aqsunqur, dan banyak putranya.

 

3. Masjid Al-Haram

Al-Haram Mosque - Mekah, sumber Arrivalguides.com

Terletak di kota Mekah di Arab Saudi, Masjid Suci mungkin adalah salah satu masjid paling terkemuka di Islam karena dinamai oleh Al-Quran sebagai rumah pertama yang dibangun untuk pemujaan umat manusia terhadap Allah. Tidak hanya Al Haram masjid terbesar di dunia, tetapi masjid ini dianggap sebagai yang paling suci. Meliputi 400.800 meter persegi kolosal, dapat menampung hingga empat juta orang selama haji, ziarah tahunan Islam dan kewajiban agama wajib bagi umat Islam.


 

4. Masjid Al Aqsa

Al Aqsa Mosque | © Edoardo Costa/Flickr
Terletak di Kota Tua Yerusalem yang terdaftar sebagai UNESCO, Masjid Al Aqsa memilki struktur menakjubkan yang telah dibangun kembali beberapa kali sepanjang sejarah karena berulang kali dilanda gempa bumi. Sampai hari ini, masjid ini tetap menjadi situs paling suci ketiga dalam agama Islam dengan keyakinan bahwa Nabi Muhammad diangkut di sini dari masjid Al Haram di Mekah selama Perjalanan Malam, dan kemudian ke surga. Setiap hari Jumat, bangunan itu dipenuhi dengan ribuan jamaah Muslim yang melakukan sholat di luar halaman Suaka Suci.

Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Israel

 

5. Masjid Hasan ll

Hassan II Mosque, sumber Kodas

Masjid Hassan II adalah yang terbesar di Maroko dan yang terbesar ketujuh di dunia, terletak di garis pantai Atlantik di Casablanca sejak tahun 1993. Menara masjidnya adalah yang tertinggi di dunia, dengan epos 210 meter dan diatapi oleh laser yang memancarkan cahaya menuju Mekah. Di bagian dalam, dindingnya dibuat dari marmer yang halus, dan lantai kaca memungkinkan pengunjung untuk merasakan pemandangan dasar laut di aula utama.


 

6. Majid Biru

Masjid Biru , sumber Carwiz

Merupakan bagian penting dari cakrawala Istanbul, Masjid Biru menawarkan enam menara seperti jarum dan wajib dikunjungi bagi siapa pun yang mengunjungi kota megah ini. Masjid Biru dibangun di bawah pemerintahan penguasa Ottoman Ahmed I antara 1609 dan 1616 dalam serangkaian kubah dan setengah kubah. Bersamaan dengan kasing kubah yang tertata apik turun dari kubah pusat yang megah, langit-langitnya berkilau dengan 20.000 ubin Iznik biru yang menampilkan bunga, pohon, dan pola abstrak.

 

7. Masjid Ubudiah

Masjid Ubudiah, sumber tripadvisor


Masjid Ubudiah di kota kerajaan Kuala Kangsar dianggap sebagai tempat ibadah paling indah di Malaysia. Ini terdiri dari empat menara dan kubah emas, yang dirancang oleh arsitek Inggris Arthur Benison Huback atas perintah Sultan Idris Mushidul Azam Shah. Sultan berjanji untuk membangun masjid yang sangat indah sebagai ucapan syukur atas kesembuhan dari penyakit. Hari ini, Masjid Ubudiah adalah simbol kebanggaan besar bagi semua Muslim di negara Malaysia.

 

8. Masjid Wazir Khan

Masjid Wazir Khan, sumber replubika

Terletak di utara kota Lahore di Pakistan, di salah satu jalan tersibuk di kawasan itu, Masjid Wazir Khan telah berdiri sejak abad ke-17 dan merupakan salah satu landmark paling penting di kota itu. Masjid ini dihiasi, baik di dalam maupun di luar, dengan lukisan dan ubin fresco, sebagian besar menampilkan warna kobalt, biru langit, hijau, orange, kuning dan ungu. Pemandangan dari atas yang menghadap ke Bazaar Kashmir adalah salah satu tempat yang paling menakjubkan di Lahore.

Masjid Wazir Khan, Shahi Guzargah, Lahore, Pakistan

 

9. Masjid-Katedral Cordoba

sumber britannica.com

Terletak di selatan Spanyol, Masjid Cordoba adalah salah satu contoh terbaik arsitektur Moor di sini. Meskipun bangunan ini awalnya merupakan gereja Katolik abad ke-6, ketika dunia Islam menyebar ke Spanyol pada abad ke-8, masjid ini menjadi salah satu dari 300 masjid Eropa yang dibangun untuk menyaingi kemegahan Konstantinopel dan Damaskus. Dibagi menjadi dua bagian Muslim dan Kristen pada 711, masjid diubah kembali menjadi Gereja Katolik Roma pada abad ke-16.

 

10. Masjid Agung Sheikh Zayed

sumber edition.cnn.com

Ibukota UEA adalah rumah bagi masjid putih cemerlang yang menawarkan karpet rajutan tangan terbesar di dunia, yang dibuat oleh lebih dari 12.000 pengrajin, dan lampu kristal 12 ton. Terletak di Abu Dhabi yang mewah, Masjid Sheikh Zayed adalah cerminan dari selera religius keluarga kerajaan. Dengan total 82 kubah dan lebih dari 1.000 kolom, keindahan agung masjid juga diperkuat oleh kolam reflektif yang mengelilinginya.

 

sumber :theculturetrip.com

Furnizing Administrator
Furnizing Administrator

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter