article / Building / Bangunan-Bangunan Unik ini Hanya Ada di Yogyakarta dan Sekitarnya! Ada bangunan dari Sampah, Percaya Nggak?
05 Januari 2018 479 Views

Bangunan-Bangunan Unik ini Hanya Ada di Yogyakarta dan Sekitarnya! Ada bangunan dari Sampah, Percaya Nggak?

Banyak hal istimewa menjadi khas tersendiri dari sebuah kota. Salah satunya adalah dalam segi arsitektur. Kota Yogyakarta pun juga menyimpan keistimewaan arsitektur memang sudah menjadi rahasia umum. Bangunan-bangunan ikonik seperti Kraton Yogyakarta, Pemandian Taman sari dan taman Monjali sudah terkenal dan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi. Nah, selain Yogyakarta, kota-kota lain didekatnya seperti Klaten, Solo dan Magelang juga mempunyai bangunan unik. Seperti apa keunikan bangunan-bangunannya? Yuk, simak dalam pembahasan berikut ini.

1. Rumah Dome, Yogyakarta

Tahu kan tokoh Teletubies dengan rumahnya yang unik di perbukitan? Rumah jenis tersebut biasa dinamakan Rumah Dome. Bentuknya setengah lingkaran dan mirip rumah Iglo yang ada di kutub utara. Nah, rumah berbentuk unik tersebut kini ada di Yogyakarta. Bahkan rumah yang dilengkapi 2 pintu, 4 jendela dengan kamar sebanyak 2 buah ini menjadi yang pertama di Indonesia, lho!

media rooang

Rumah dome dibangun pasca gempa dan 'ambles'nya satu dusun di kawasan Dusun Sengir, Sumberharjo, Jogjakarta pada 2006. Dengan diameter 7 meter dengan tinggi 4,6 meter, rumah Dome ini terbuat dari beton dan semen. Pemerintah bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan the Domes for the World Foundation (DFTW) membuat desa baru dengan konsep rumah domes. Struktur bangunan rumah dome ini tahan gempa dan tidak ada sambungan seperti pada bangunan lainnya. Sambungan itulah yang merupakan titik lemah bangunan saat terjadi gempa. Wah keren ya!

2. Lost World Castle, Yogyakarta

kastayatour 

Lord World Castle ini mengingatkan kastil yang ada di kerajaan-kerajaan jaman dahulu ya. Bangunan ini memang seperti replika kastil yang terbuat dari batu alam ada beberapa tingkat sehingga sangat terlihat gagah. Lokasinya di sisi utara Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Petung, Desa Kepoharjo, Cangkringan, Sleman. Di sekitar area kastil terdapat taman berumput yang pas untuk tempat bercengkrama. 

3. Gereja Gothic, Yogyakarta

imgrum

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa bangunan ini ada di daerah Prawirodirjan, Gondomanan Yogyakarta. Ini dikarenakan lokasi bangunan ini tidak mudah dijangkau, yaitu didalam sebuah gang kecil. Dilihat sekilas dari bangunan ini, wajar jika kamu menyimpulkan bahwa bangunan ini adalah gereja. Namun nyatanya bangunan ini bukanlah gereja, tapi hanyalah rumah tinggal. Bentuk bangunan yang seperti gereja membuatnya dijuluki Gereja Gothic. Arsitektur bangunannya bergaya Eropa yang berdinding tebal, balkon cukup luas, adanya menara, lonceng, dan juga simbol salib di ujung menara dan yang paling mencolok adalah patung Yesus dengan tangan yang menunjuk. Nah, satu lagi fakta yang perlu kamu ketahui adalah bangunan ini sudah lama tidak ditempati lagi. Wah, sayang sekali ya?

4. Rumah Kamera, Magelang

pegipegi

Siapa suka fotografi? Nah, ada rumah unik di Magelang yang berbentuk kamera DSLR. Rumah unik berbentuk kamera ini lokasinya kurang lebih 1 km tidak jauh dari Kompleks Candi Borobudur. Pemilik ide sekaligus rumah tersebut bernama Tanggol Angien Jatikusumo yang adalah seorang seniman. Bangunan unik dengan 4 lantai ini terdiri dari beberapa bentuk yaitu bentuk lampu flash pada kamera DSLR sebagai pintuk masuk rumah dan bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela, sedangkan lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas. Unik ya? Rumah ini sudah masuk rekor MURI sebagai rumah kamera terbesar di Indonesia sekaligus di dunia lho!

5. Gereja Ayam, Magelang

tribunnews 

Bangunan yang berdiri di tanah seluas 3000 meter persegi ini dibangun pada tahun 1990 oleh seorang lelaki bernama Daniel Alamsjah. Walaupun bernama Gereja Merpati, namun bangunan ini ternyata bukanlah sebuah gereja. Bangunan ini ia buat untuk digunakan tempat ibadah oleh siapa saja dan agama apa saja. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, bangunan ini juga pernah digunakan tempat rehabilitasi untuk anak-anak cacat, pecandu narkoba, dan orang gila. Bangunan ini terdiri dari ruangan enam lantai yang ada di bagian kepala merpati, ruangan bawah tanah dan beberapa kamar.  Nah jika kamu berniat mengunjungi bangunan ini, kamu bisa sekalian berwisata ke Punthuk Setumbu yang terkenal dan letaknya tidak jauh dari lokasi Gereja Merpati ini, guys!

6. Masjid An Nurumi, Klaten

masjid kubah

Jika kamu sadar, ada bangunan unik yang sayang untuk dilewatkan saat kamu melintas di jalan raya Yogya – Solo‎, tepatnya di daerah Klaten. Bangunan yang dimaksud adalah sebuah Masjid yang mirip dengan gaya bangunan ala kota Kremlin di Rusia. Terinspirasi oleh hal ini, Hj. Umi Nur Salim membangun masjid tersebut. Uniknya, beliau membangun masjid ini mirip dengan arsitektur bangunan yang ada di Rusia, yaitu dengan kubah tinggi dan warna-warni yang mencolok. Dibangun pada tahun 2005, akhirnya pembangunan masjid selesai pada tahun 2007 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 9 Agustus 2007 dan diberi nama Masjid An Nurumi. Masjid An Nurumi sendiri mempunyai 9 kubah berwarna-warni. satu kubah setinggi 26 meter dan 8 kubah setinggi 20 meter. 

7. Rumah Rempah Karya, Solo

tiaraprimadani

Material pembentuk bangunan yang satu ini benar-benar berbeda dari bangunan biasanya, guys. Percaya atau tidak, bangunan ini terbuat dari sampah. sampahyang dimaksud adalah potongan-potongan kayu bekas ditempelkan apa adanya hingga membentuk dinding yang artistik. Tak hanya itu, sang arsitek yaitu Paulus Mintarga merancang bangunan ini dengan tata ruang dan udara sangat tropis serta pencahayaan yang menggunakan lampu LED hemat energi. Nah, bangunan yang berfungsi sebagai kantor ini bisa kamu kunjungi di kota Solo, tepatnya di daerah Tegalmulyo, Colomadu.

sumber lain: citizen6 | kompasiana | cafestudio8

Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter