article / Garden / Cantik dan Indah, Inilah Berbagai Tanaman yang Cocok Menghias Rumahmu di Hari Natal!
04 Desember 2017 465 Views

Cantik dan Indah, Inilah Berbagai Tanaman yang Cocok Menghias Rumahmu di Hari Natal!

Pada saat merayakan natal, berbagai elemen dekorasi buatan turut menghias rumah dan seisinya. Akan tetapi adanya elemen alam seperti tanaman juga akan menjadi penghias yang cantik dan membuat rumah lebih fresh. Namun tidak semua tanaman akan selaras dengan konsep dari natalmu. Maka dari itu, berikut beberapa tanaman ala natal yang akan membuat rumahmu lebih berwarna.

1. Poinsettia

poinsettia

Bunga yang satu ini memang signature dari hari natal. Warna merah pada kelopak bunganya mempunyai tekstur warna yang lembut sehingga tidak mendominasi keseluruhan ruangan. Warna merah dari bunga ini akan menjadi titik pusat dalam ruangan yang berwarna serba terang seperti putih dan krem.

2. Phalenopsis Orchid

anggrek

Meskipun tamak rapuh, bunga anggrek yang satu akan bermekaran dengan cantik dengan perawatan yang benar. Cahaya secara tidak langsung akan baik untuk tanaman ini. Jika di dalam ruangan, tanaman perlu diletakkan ditempat yang sejuk. siram sebanyak sekali seminggu hingga air keluar dari pot. Media tumbuh yang digunakan biasanya berupa arang, batu ataupun media tumbuh yang tidak banyak tanah lainnya. Sekali bermekaran, tanaman ini harus disimpan untuk mekar di musim selanjutnya sehingga harus disimpan.

3. Papperwhite Narcissi

Papperwhite

Bunga yang dapat ditanam pada pertengahan Oktober ini sangat cocok sebagai tanaman natal. Biasanya tanaman ini dijual benihnya yang kemudian ditanam sendiri dengan media tanah, kerikil, batu, ataupun pecahan kaca. Dengan masa tumbuh sekitar 3 hingga 5 minggu untuk mekar. Tanaman ini membutuhkan tempat yang sejuk namun terkena sinar matahari. Bunga tinggi ini akan sangat cantik menjadi bagian dekorasi natalmu.

4. Amaryllis


amarilis

Bunga yang satu ini merupakan bunga musiman. Kelopak bunga yang besar dan berbentuk terompet menjadi ciri khas dari tanaman ini. Setelah ditanam, bunga amaryllis akan tumbuh sekitar 6 hingga 8 minggu. Setelah bunga ini selesai bermekaran, kamu pun harus menyimpan bibit tanaman ini, hal ini dikarenakan bunga satu ini dapat tumbuh lagi di musim yang sama.

5. Mistletoe

mistletoe

Tanaman yang sering digantung pada saat natal satu ini dipercaya memiliki kekuatan mistikal yang membawa keberuntungan. Tanaman ini juga menjadi lambang dari kasih sayang dan juga persahabatan. Tanaman ini tumbuh normal di pepohonan yang sebenarnya merupakam sebuah parasit. Meskipun beracun jika kita makan, namun bermanfaat bagi binatang lainnya.

6. Christmas Cactus


kaktus

Jenis tanaman sukulen seperti kaktus memang tidak akan mati pada musim dingin. Hal ini pun menjadi favorit beberapa penghias rumah karena tanaman kaktus ini dapat bertahan hidup lama hingga bertahun-tahun. Tentunya kaktus ini akan bermekaran di waktu yang berbeda tergantung dengan spesiesnya. Tanaman ini perlu diletakkan pada posisi terang dalam rumah dekat dengan jendela. Jangan sampai memberi air berlebihan karena air hanya dibutuhkan pada saat tanaman kering.

7. Rosemary

rosemary

Tanaman herbal yang satu ini juga bisa menjadi tanaman hias untuk natal. Bentuknya yang menyerupai piramida tampak seperti pohon natal mini. Aromanya yang segar juga akan memberikan bau sedap di dalam ruangan. Meskipun nantinya tidak lagi hari natal, tanaman ini akan tetap bermanfaat. Tanaman ini perlu diletakkan di area rumah yang terang. Dalam merawat tanaman satu ini jangan sampai kekeringan karena akan membuatnya mati.

8. Cyclamen


cyclamen

Salah satu bunga yang cukup populer di California pada saat musim dingin adalah cyclamen. Bunga yang kelopaknya terbuka ini memiliki bentuk yang cantik dan juga warna yang bermacam-macam. Tanaman ini tidak suka dengan suhu panas sehingga perlu diletakkan di area yang sejuk.  Hal yang perlu diperhatikan adalah pengairan dari tanaman ini. Tanah pada tanaman harus tetap lembab. Setiap spesies dari cyclamen akan menunjukkan keindahan yang beragam.

9. Christmas Rose / Helleborus niger

christmas rose

Tidak sama dengan mawar seperti biasanya, bunga ini bukanlah bagian dari spesies mawar. Julukan mawar natal ini melekat karena adanya legenda lama di Eropa. Termasuk jenis tumbuhan liar, bunga ini menghias ruangan dengan cantik. Akan tetapi dalam merawat tanaman ini harus berhati-hati karena bunga ini mengandung racun yang berbahaya hingga menimbulkan rasa kebakar pada tubuh.

10. Holly

\

circle holly

Tanaman yang satu ini memang tidak asing kita lihat pada saat hari natal datang. Holly pada awalnya digunakan umat kristiani untuk menghias dan merayakan festival musim dingin yang dipercaya akan mengusir jiwa jahat. Filosofi tanaman yang satu ini pun melekat dengan Natal. Daunnya yang lebar menandakan mahkota duri yang digunakan Jesus ketika disalib sedangkan berrynya merupakan tetesan darah yang keluar karena duri yang terpasang. Biasanya tanaman ini sering kita lihat pada bagian depan pintu rumah sebagai dekorasi natal.

11. Roses

Mawar Merah

Bunga ini tentunya sangat disukai berbagai kalangan. Tidak hanya cocok untuk merayakan hari valentine dan hal-hal romantis, bunga ini juga akan cantik menghiasi hari natal. Mawar merah ataupun putih akan cantik dipasangkan dengan aksen musim dingin seperti pine cones dan juga beri.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter