article / Exterior / Fenomenal! Bangunan Unik di Rusia Ini Ternyata Bangunan Ibadah Untuk 12 Agama!!
28 Desember 2017 443 Views

Fenomenal! Bangunan Unik di Rusia Ini Ternyata Bangunan Ibadah Untuk 12 Agama!!

Setiap agama di dunia ini biasanya memiliki rumah ibadahnya masing-masing. Tempat ibadah menjadi lokasi berkumpulnya orang yang seagama untuk menjalankan tata cara ibadah dalam agama mereka. Terpisahnya tempat ibadah untuk masing-masing agama memang wajar dikarenakan tata cara dan kebutuhan tiap agama berbeda.

Namun lain halnya dengan sebuah tempat di Rusia. Disana terdapat bangunan yang dibangun untuk 12 agama! Bangunan ini terletak di kota Kazan, Rusia, dan saking fenomenalnya bangunan ini akhirnya menjadi landmark kota.

blushme

Temple of All Religion, nama bangunan ini, dibangun oleh seorang lulusan dari Sekolah Seni Kazan, Ildar Khanov. Ildar yang adalah arsitek eksentrik merencanakan dan memulai pembuatan bangunan ini pada tahun 1992 dan dibantu oleh beberapa orang. 

mozaico

Bangunan ini terdiri dari beberapa kubah dan menara yang mewakili arsitektur religius dari 12 agama besar di dunia. 12 kubah mewakili agama-agama utama dunia: Yudaisme, Hinduisme, Buddhisme, Islam, Kristen, agama-agama China dan Jepang. Uniknya, masing-masing kubah mempunyai bentuk, motif dan warna-warni yang beragam. Pada ujung masing-masing kubah terdapat simbol masing-masing agama seperti salib Kristen, bulan sabit Muslim dan Bintang Daud.

russiatrek 

Namun,jangan salah mengira bahwa Temple of All Religion benar-benar tempat ibadah, karena bangunan ini hanya digunakan sebagai pusat budaya sekaligus sebagai tempat tinggal Ildar Khanov dan orang-orang terdekatnya. Ternyata Ildar mempunyai tujuan mulia membangun Temple of All Religion ini yaitu ingin menyatukan perbedaan agama didunia di mana orang dari berbagai agama dapat bertemu dan mengedepankan toleransi bergama.


Dreamstime

Keindahan Temple of All Religion menjadi saksi kerukunan umat dari berbagai agama di dunia yang datang untuk mengunjunginya. Terlihat 2 buah patung Spinx berwarna emas yang menyambut para pengunjung di pintu utama yang berbentuk gapura yang berdinding batu-bata. 

TripAdvisor

Penggunaan batu-bata sebagai aksen dinding bukan hanya pada gapura namun juga pada bangunan utama. Terdapat juga penataan batu-bata secara zigzag sehingga menimbulkan motif tersendiri. Disamping itu Ildar Khanov ternyata sangat peduli terhadap detail bangunan yang ia bangun. Terbukti dengan ukiran, mural dan mozaik yang ia tambahkan di setiap bagian bangunan seperti yang terdapat pada dinding, pintu, atap dan jendela. 


russiatrek

Setiap detail tersebut membentuk pola dan masing-masing mempunyai makna tersendiri. Misalnya mozaik yang membentuk simbol sebuah agama, atau mural bergambar tulisan. 

RussiaTrek

Ildar Khanov juga tidak takut untuk memadukan banyak warna untuk satu bagian, seperti contohnya pada jendela bangunan ini. Penggunaan banyak warna ini bertujuan untuk menonjolkan bagian jendela diantara dinding berbahan batu alam disekelilingnya yang berwarna coklat muda.


RussiaTrek

Ildar Khanov juga tidak lupa menambahkan patung-patung yang menjadi simbol agama di beberapa sisi bangunan. Patung-patung ini bukan sekedar hiasan namun terdapat altar kecil yang mengelilinginya. Tampaknya Ildar benar-benar ingin menciptakan suasana keagamaan walaupun sejatinya bangunan ini bukanlah tempat ibadah. 

notey

Dilihat dari samping, bangunan ini pun tetap menarik. Jutaan orang dari seluruh dunia datang mengunjungi bangunan ini untuk menyaksikan keindahannya. Ildar Khanov yang merupakan aktifis pembantu upaya pengobatan alkoholisme, kecanduan narkoba, dan berbagai penyakit lainnya ini pun masih berencana membangun 4 kubah lagi menjadi 16 kubah. Mantan pasiennya dan orang-orang terdekatnya membantu dirinya untuk memelihara dan mengembangkan Temple of All Religion ini.

Kuil Semua Agama, Kazan, Rusia, foto 10

russiatrek 

 amusingplanet

Sayangnya sang arsitek jenius pembangun Temple of All Religion ini malah berpulang pada tahun 2013 yang lalu. Impiannya untuk membangun 16 kubah belum terselesaikan. Namun walaupun begitu ia telah menularkan semangat perdamaian yang perlu ditiru. Melalui bangunan yang ia ciptakan ini, semoga kerukunan dan toleransi umat beragama di dunia ini dapat terus hidup dan terjaga dengan baik.

Bagi kamu yang ingin melihat keindahan bangunan ala Temple of All Religion dengan banyak kubah warna-warni seperti ini, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Rusia. Di Indonesia sudah ada bangunan yang terinspirasi oleh bangunan ini lho. Simak artikelnya di sini Bangunan Unik di Yogyakarta dan sekitarnya .


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter