article / Building / Inilah 11 Kota di Rusia sebagai Tuan Rumah, Tempat Berlangsungnya Piala Dunia 2018
30 Mei 2018 551 Views

Inilah 11 Kota di Rusia sebagai Tuan Rumah, Tempat Berlangsungnya Piala Dunia 2018

Bagi penggila sepak bola, tentunya sudah tahu bahwa piala dunia akan segera diadakan di Negara Rusia. Sebelas kota di negara ini terpilih menjadi tuan rumah untuk acara bergengsi dunia yang tentunya sudah ditunggu oleh berbagai kalangan masyarakat. Tentunya tidak hanya stadionnya saja yang sangat menarik di kota ini, sembari anda menikmati pertandingan sepak bola kelas dunia, ada baiknya anda coba melihat pesona dari berbagai kota di Rusia ini.

1. Moskow

kremlin moscow via pinterest

Siapa yang tak tau dengan kota satu ini? Ibukota dari negara Rusia ini menjadi destinasi yang paling populer di negara ini. Tentunya hal ini dikarenakan banyaknya objek wisata yang tersebar di berbagai areanya. Berbagai bangunan ikonik seperti Kremlin, Katedral Santo, ataupun Masusoleum Lenin pun menjadikan Moskow sebagai kota yang indah. Bahkan stasiun bawah tanah peninggalan uni soviet pun terlihat mewah. Tampilan ala bangunan megah Eropa dan juga dihiasi dengan berbagai macam warnanya tentu akan memikat pengunjung.

stadion luzhniki via dawn

Stadion Luzhniki menjadi stadion utama tempat berlangsungnya pertandingan pembuka dan juga final. Tentunya stadionnya pun sudah mengalami renovasi besar-besaran sejak 2013. Berbagai persiapan tentunya sudah dilakukan oleh tuan rumah ditambah lagi dengan adanya penambahan kapasitas tempat duduk yang menjadikan stadion lebih meriah.

2. Kazan

Kota yang punya umur lebih tua dibandingkan moskow ini sudah sering menyelenggarakan berbagai acara olahraga. Julukannya sebagai 'Ibukota Olahraga Rusia' tentu menjadikan kota ini makin dikenal masyarakat luas. Perpaduan dua buah budaya yaitu Tatar dan Slavia juga bergitu terasa di dalamnya.

temple of all religions via wikipedia

Di tempat ini pula terdapat bangunan unik yaitu Temple of All Religions dimana banunan ini menjadi tempat ibadah berbagai macam agama yang ada di negara Rusia ini. Banyak bangunan unik dan juga tempat ibadah yang tidak bisa anda lewatkan ketika berkunjung ke Kota ini. Lebih lanjut mengenai tempat ibadah 12 Agama bisa anda baca di Fenomenal! Bangunan Unik di Rusia Ini Ternyata Bangunan Ibadah Untuk 12 Agama!!

3. Samara

Salah satu kota yang berada dipertemuan dua sungai yaitu sungai samara dan sungai volga. Di kota ini terdapat berbagai macam tempat ibadah dari sinagoga, katedral, hingga masjid terbesar di Rusia. Kota ini pun juga terkenal bersejarah karena menjadi tempat dibangunnya roket Vostok 1 dimana Yuri Gagarin diterbangkan untuk pertama kalinya ke luar angkasa. Stadion yang digunakan untuk Piala Dunia 2018 di Kota ini yaitu Cosmos Arena juga memiliki desain yang unik serta menarik.

museum cosmos via chronograph

Kota keenam terbesar di Rusia ini tentu menyimpan beragam keseruan tersendiri. Samara memiliki teater opera dan juga ballet serta hall orkestra. Museum dengan sejarah alam hingga lokal memberikan edukasi pada masyarakatnya. Kota yang dikenal berkontribusi untuk memajukan perkembangan industri luar angkasa ini juga memiliki bangunan museum cosmic samara dan pameran sejarah aerospace di Samara State Aerospace University. Selain berbagai keunikan di kotanya, keindahan alam pun dapat dilihat jika anda berkunjung ke Taman Nasional Samarskaya Luka, ataupun mendaki Pegunungan Zhiguli.

4. St. Petersburg

Kota megah satu ini menjadi tempat untuk berbagai istana kerajaan Rusia dan museumnya yang indah. Menjadi kota terbesar kedua di Rusia, tempat ini punya peran penting untuk bidang politik dan juga budayanya. Kota yang mempesona ini tentu sudah menjadi tujuan wisata utama di Rusia.


museum hermitage via martinlawrence

Salah satu bangunan yang cukup bersejarah dan juga indah yang ikonik di kota ini adalah Museum Hermitage. Museum yang juga merupakan istana bersejarah, menghubungkan 5 gedung dengan berbagai macam koleksinya. Istana khas Eropa ini didesain mewah dengan kolom-kolom penyangga serta elemen dekoratif di dalam interiornya. Bangunan dengan warna eksterior hijau toska ini tentunya mencolok dan juga menarik oleh berbagai kalangan.

5. Yekaterinburg

Stadion yang berada di kota ini yaitu Ekaterinburg Arena juga mengalami perbaikan agar dapat secara maksimal digunakan untuk pertandingan grup piala dunia. Kota ini merupakan kota yang terletak paling timur di Rusia. Kota ini merupakan kota pusat ekonomi dan industri yang utama di Rusia. Berbagai macam industri seni berkembang pesat di kota ini.

church on the blood via pinterest

Meski dahulunya kota ini dikenal dengan sejarah yang kelam, namun saat ini sudah menjadi kota yang modern dengan berbagai tempat peribadatan yang memiliki nilai arsitektural luar biasa. Salah satu tempat yang terkenal di kota ini adalah Church on the blood yang tampak kokoh dengan dinding putih dan kubah emas. Menikmati keindahan kota ini juga dapat dilakukan dari atas Vysotskiy Viewing Platform yang menyajikan pemandangan kota dari atas dengan cantiknya.

6. Volgogard

Jika berkunjung ke kota yang satu ini, tentunya tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke The Motherland Calls. Tempat ini merupakan area paling populer dan juga keramat ditambah dengan adanya monumen tertinggi di Eropa. Monumern tersebut dibangun sebagai monumen peringatan untuk mereka yang gugur di peperangan. Hal ini dikarenakan, kota Volgogard menjadi saksi bisu sejarah pertarungan Perang dunia kedua yaitu pertempuran Stalingrad.

motherland calls via lazerhorse


Kota sepanjang 80 km ini terletak di barat sungai Volga. Selain monumen bersejarah, kota ini juga memiliki tempat rekreasi unik lainnya seperti museum panorama dimana terdapat berbagai macam ilustrasi peperangan. Untuk desain arsitekturalnya tentu tidak jauh dari tampilan bangunan di Rusia pada umumnya.

7. Kaliningrad

Kota yang disebut sebagai Little Rusia ini memang tidak banyak memiliki obyek wisata. Akan tetapi berbagai macam budaya dan keunikan berada di kota paling barat Rusia. Bagaimana tidak? Kota yang pernah bergabung dengan berbagai macam negara seperti Polandia, Prussia, Jerman, dan juga Uni soviet ini melahirkan bermacam kultur di dalamnya. Tidak hanya itu saja, bahkan tampilan arsitekturnya pun juga bervariasi sehingga terasa unik. Kota ini menjadi tujuan para pecinta arsitektur dan juga sejarah.

former stock exchange via dreamstime

Kota yang terkenal dengan filosofi dan juga musik ini juga menjadi kota yang pastinya disukai oleh kalangan wanita. Batu amber yang dapat dijadikan aneka perhiasaan dan benda unik yang cantik tersebar diberbagai wilayah di Kaliningrad. Pas sekali untuk anda yang ingin memberikan oleh-oleh khas kota ini.

8. Nizhny Novgorod

benteng nizhny novgorod kremlin via vivowallpaper

Salah satu kota tertua di Rusia ini menjadi tempat berbagai kawasan kesenian dan juga pembelajaran. Terdapat banyak sekali universitas, teater, museum dan juga gereja di kotanya. Adapun tempat rekreasi utamanya yaitu Nizhny Novgorod Kremlin. Sebuah benteng tua yang berdiri sejak tahun 1500-an mengelilingi gedung tua di kota.


Church of the Nativity of the Blessed Virgin Mary via wikipedia

Salah satu bangunan dengan arsitektur yang indah di kota ini adalah Gereja Nativity of the Blessed Virgin Mary. Gereja ini memiliki atap emas dengan pelingkup warna-warni pada dindingnya. Bangunan ini pun menjadi vokal point kota Nizhny Novgorod karena tampilan arsitekturalnya yang indah.

9. Rostov on Don

Kota ini dikenal sebagai kota pelabuhan yang berada di sepanjang sungai Don. Kota ini sendiri memang tidak terkenal sebagai kota wisata, akan tetapi berbagai macam keunikan juga terdapat di area ini.

city duma building via wikipedia

Tempat yang cukup dikenal di kota ini adalah Central Market dimana terdapat makanan khas Rostov yang diperjual belikan. Taman-taman indah pun tersebar di sepanjang jalan Pushkinskaya dan Bolshaya. Terdapat berbagai macam kafe yang menyajikan hidangan lezat dengan latar taman di sekelilingnya. Rusia memang dikenal sebagai negara dengan berbagai macam agama, untuk di kota ini terdapat juga gereja berkubah indah dengan warna keemasan yang mengkilau.

10. Sochi

Kota pesisir satu ini kembali ini bisa dibilang cukup berpengalaman dalam menyelenggarakan acara olahraga yang besar. Nyatanya saja pada Olimpiade Musim Dingin 2014, Kota Sochi berhasil memberikan kesan yang meriah yang pastinya Piala Dunia 2018 tidak akan kalah asiknya.

sochi stadium for winter olympic 2014 via archdaily

Kota dengan berbagai macam situs reruntuhan ini menjadi kawasan liburan bagi anda pecinta alam dan penikmat sejarah. Berbagai aktivitas dari menjelajahi perkebunan teh, bermain ski di pegunungan kaukasus, hingga air terjun pun bisa dinikmati di kawasan kota Sochi. Kota ini menjadi area berlibur bagi masyarakat rusia yang ingin merasakan keindahan alam dan berjiwa petualang.

11. Saransk

Cathedral of St. Fyodor Ushakov via skyscrapercity

Kota terakhir yang kita bahas satu ini tidak kalah menarik dengan 10 kota lainnya. Kota dengan peninggalan sejarah dan budaya menjadikan tempat ini terasa menarik. Berbagai macam gereja dan katedral saling berdampingan di Saransk. Adapun nuansa arsitektur bergaya Perancis yang dapat dilihat pada bangunan Cathedral of St. Fyodor Ushakov. Tentunya punya gaya berbeda dibandingkan tempat lainnya dengan khas Rusianya.

pushkin park via admiral-saransk

Tidak hanya tampilan arsitektural yang memukau, jika kamu berkunjung ke kota ini dalam rangka Piala Dunia 2018, jangan lupa untuk mampir ke taman Pushkin. Hamparan hijau dengan luasan 40 hektar ini menjadi salah satu taman terindah di kota Saransk. Berbagai macam usia menjadikan tempat ini area rekreasi yang nyaman. Ditambah lagi dengan adanya udara yang bersih. Taman tersebut pun dibagi menjadi tiga area yaitu area istirahat, area atraksi, dan area acara dimana sering digelar berbagai macam event seru.

Jadi kira-kira kota mana yang akan kamu datangi untuk menonton Piala Dunia 2018 di Russia ini?

sumber: tripzilla


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter