article / Building / Karya Arsitektur Terinspirasi Dari Alam
26 Maret 2020 2K Views

Karya Arsitektur Terinspirasi Dari Alam

Tentu bila berlibur ke luar negeri kita sering menjumpai gedung - gedung yang sangat artistik dan dinilai memiliki kerumitan yang cukup tinggi. Tapi tahukah anda sumber inspirasi mereka darimana? Yap.. Alam mereka para arsitektur ini mampu mengembangkan bentuk tanaman atau ataupun hewan dijadikan sebagai karya mereka. Berikut beberapa inspirasi unik dari alam sebagai karya arsitektur berbakat ini.


Beijing National Stadium


sumber foto: brilio.net

Dikenal dengan Stadium Sarang Burung dirancang bersama  arsitek Jacques Herzog dan Pierre de Meuron dari Herzog & de Meuron, arsitek proyek Stefan Marbach, artis Ai Weiwei, dan CADG yang dipimpin oleh kepala arsitek Li Xinggang. Stadion ini dirancang untuk digunakan sepanjang Olimpiade Musim Panas 2008 dan Paralimpiade dan akan digunakan lagi di Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade 2022. Sarang Burung memiliki beberapa layar besar sementara yang dipasang di dalam stadion.

Lantai Stadium pernah mengalami  kerusakan pada 24 Desember 2003 dan stadion resmi dibuka kembali  pada 28 Juni 2008. Sebuah pusat perbelanjaan dan sebuah hotel direncanakan akan dibangun untuk meningkatkan penggunaan stadion, yang telah mengalami kesulitan menarik acara, sepak bola dan lain-lain, setelah Olimpiade.


Aldar Headquarters Building di Abu Dhabi

sumber foto: brilio.net

Terinspirasi dari kulit kerang. Bangunan ini dijadikan sebagai kantor komersial berlokasi di  Al Raha Beach, Abu Dhabi. Tinggi atap 360 ft dan Dibangun dengan luas area 61,900m2. MZ Architect adalah seorang Arsitektur pembuat Aldar Quarters ini dan Perusahaan Kontraktornya adalah ALDAR Laing O'Rourke


Chicago Spire


sumber foto: brilio.net

Chicago Spire adalah proyek pencakar langit super tinggi di 400 N. Lake Shore Drive di Chicago, Illinois yang gagal secara finansial setelah memulai konstruksi. Ketika awalnya diusulkan sebagai Fordham Spire pada bulan Juli 2005, desainnya memiliki 116 cerita dan akan mencakup sebuah hotel dan kondominium dan telah di atasnya dengan tiang antena siaran. Desainnya oleh arsitek Spanyol Santiago Calatrava, dan pengembang Chicago Christopher T. Carley dari Fordham Company adalah ujung tombak proyek tersebut. Pada tanggal 16 Maret 2006, desain awal dari gedung ini disetujui dengan suara bulat selama pertemuan Komisi Chicago pada hari itu. Sebuah keputusan pengadilan pada 4 November 2014 membawa ke tutup rencana pengembangan asli dan litigasi diperpanjang atas proyek sembilan tahun,  pengembang Garrett Kelleher menandatangani alih lokasi properti untuk kreditur terbesar proyek, Terkait Midwest, yang mengumumkan bahwa mereka tidak akan membangun Spire.


The Beijing National Aquatics Center


sumber foto: brilio.net

National Aquatics Centre, dan sehari-hari dikenal sebagai Water Cube, adalah pusat akuatik yang dibangun di samping Stadion Nasional Beijing di Olympic Green untuk kompetisi renang Olimpiade Musim Panas 2008. Meskipun nama panggilannya, bangunan ini bukan kubus yang sebenarnya, tetapi berbentuk kubus (kotak persegi panjang). Ground rusak pada 24 Desember 2003, dan Pusat selesai dan diserahkan untuk digunakan pada tanggal 28 Januari 2008. Perenang di Water Cube memecahkan 25 rekor dunia selama Olimpiade 2008.

Setelah Olimpiade 2008, bangunan ini mengalami perubahan senilai 200 juta yuan untuk mengubah setengah dari interiornya menjadi taman air. Gedung ini secara resmi dibuka kembali pada 8 Agustus 2010. Ini akan menjadi tuan rumah di Olimpiade Musim Dingin 2022.


Lotus Temple di New Delhi

sumber foto: brilio.net

The Lotus Temple, yang terletak di Delhi, India, adalah Rumah Ibadah Bahá'í yang didedikasikan pada bulan Desember 1986, seharga $ 10 juta. Terkenal karena bentuknya yang seperti bunga, itu telah menjadi daya tarik yang menonjol di kota. Seperti semua Rumah Ibadah Bahá'í, Kuil Teratai terbuka untuk semua, tanpa memandang agama atau kualifikasi lainnya. Bangunan ini terdiri dari 27 "kelopak bunga" berlapis marmer yang diatur dalam kelompok tiga untuk membentuk sembilan sisi, dengan sembilan pintu membuka ke aula tengah dengan ketinggian sedikit lebih dari 40 meter dan kapasitas dari 2.500 orang.  The Lotus Temple telah memenangkan banyak penghargaan arsitektur dan telah ditampilkan di banyak artikel surat kabar dan majalah.  Laporan CNN 2001 menyebutnya sebagai bangunan yang paling banyak dikunjungi di dunia.



Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter