article / Garden / Menciptakan Taman Dengan Gaya Jepang
29 Juni 2020 3K Views

Menciptakan Taman Dengan Gaya Jepang

Taman Jepang awalnya diciptakan untuk menjadi ruang meditasi dan refleksi. Konsep ini dibuat bagi elit penguasa Jepang untuk menemukan ketenangan dalam badai perselisihan dan perang kala itu. Hingga kini konsep taman jepang yang menyejukkan tetap menjadi trend dan budaya yang tetap dilestarikan.

Orang-orang saat ini mulai kembali menyukai konsep 'back to nature'. Terlebih dengan dunia yang semakin padat dan kehidupan yang tidak bisa jauh dari stres, memiliki tempat untuk bersantai menjadi kebutuhan saat ini. Berikut beberapa inspirasi untuk merancangkan taman bergaya Jepang.

 

1. Pelajari Dasar-Dasar Taman Jepang

sumber : sustainablegardendesignperth.com

Untuk mendapatkan inspirasi taman bergaya Jepang, Anda harus terlebih dahulu memahami dasar-dasarnya. Jenis taman bergaya Jepang yang bisa Anda pertimbangkan adalah taman batu. Gaya ini bisa diaplikasikan dengan memasukkan unsur pasir dan batu. Bentuk ini tidak mengandung unsur air, dan dirancang untuk menggambarkan pemandangan gunung dan sungai. Kerikil pasir yang disapu menjadi pola tertentu dimaksudkan untuk melambangkan sungai, sedangkan batu yang diletakkan di atas pasir melambangkan gunung-gunung.

 

2. Tetap Mempertahankan Budaya Taman Jepang


sumber : gardenoholic.com/

Jika tujuan Anda adalah menciptakan taman Jepang yang orisinil, maka akan dibutuhkan pengetahuan untuk dapat menampilkan budaya Jepang yang sesungguhnya. Meskipun dapat mencari ide-ide taman yang khas Jepang, tetapi tak jarang ide yang ditemukan cenderung berasal dari budaya Cina. Penambahan seperti bunga gantung merah dan jembatan yang menutupi sungai kecil sebenarnya berasal dari tradisi Cina dan sering disalahartikan sebagai budaya Jepang.

Sebenarnya banyak hal yang mempengaruhi taman Jepang dari waktu ke waktu, salah satu ciri taman jepang yang asli adalah tidak menggunakan tanaman dengan warna mencolok atau cerah. Sebaliknya, hijau monokromatik lebih disukai dan digunakan sebagai warna utama.

 


3. Sederhana & Kecil

sumber : rstoweshuler.houzz.com

Taman Jepang bukanlah konsep tentang menciptakan yang terbesar dan terbaik. Di samping semua taman mewah yang ada, taman Jepang adalah bukti kesederhanaan yang indah. Untuk alasan ini, penting menjaga desain Anda sederhana dan kecil. Menggunakan bahan yang sederhana adalah langkah pertama yang bagus. Misalnya, pagar bambu yang bertindak sebagai pembatas taman Anda adalah cara alami dan mudah untuk meningkatkan desain taman Anda. Hindari penggunaan variasi tanaman yang berlebihan.


 

4. Pintu Bambu

sumber : bhg.com

Gunakan pagar bambu sederhana untuk membatasi area luar taman Anda. Dengan membuat pintu masuk dengan bambu dan punjung yang menarik, maka tampilan taman Anda makin berasa seperti nuansa Jepang. Pastikan bentuk pintu memiliki khas Jepang yang tradisional. 

 

5. Gunakan Elemen Hiasan Dari Batu

sumber :  bhg.com

Salah satu elemen kunci dalam gaya taman Jepang adalah patung dan jalan berbatu. Anda dapat membuat taman yang memiliki jalur jalan dengan elemen batu sebagai pijakannya. Pemasangan hiasan pagoda batu mini akan menambah suasana taman yang khas Jepang.

Furnizing Administrator
Furnizing Administrator

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter