article / Basement / Punya Basement Luas Tapi Bingung Untuk Apa? Beberapa Ide Ini Bisa Jadi Inspirasi Unik Untuk Rumah Anda
14 September 2018 31 Views

Punya Basement Luas Tapi Bingung Untuk Apa? Beberapa Ide Ini Bisa Jadi Inspirasi Unik Untuk Rumah Anda

Basement menjadi salah satu ruang yang tidak selalu ada di dalam rumah hunian. Namun untuk Anda yang memiliki ruang ini di dalam rumah, bisa jadi ruang tersebut dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan aktivitas lainnya. Area basement memang memiliki kekurangan yaitu pencahayaan alami dari luar yang terbilang minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Terlepas dari kekurangan tersebut, dapat juga menjadi berbagai ruangan yang dapat dimanfaatkan oleh anggota keluarga. Berikut beberapa inspirasi desain ruang basement.

1. Ruang Laundry

sumber foto

Ruang servis di dalam rumah tentu saja perlu didesain agar tidak mudah dilihat oleh tamu pengunjung. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah meletakkan area servis tersebut di ruang basement. Salah satunya ruang servis yang dapat diletakkan di ruang ini adalah ruang laundry. Mencuci pakaian dan juga berbagai perlengkapan sandang lainnya tentu terkadang tidak nyaman jika dilihat oleh tamu yang tiba-tiba berkunjung ke rumah. Di area basement pula, suara yang keluar dari mesin cuci terdengar lebih kecil di ruangan atasnya. Pastinya tidak akan menganggu aktivitas sehari-hari di dalam rumah.

 

2. Ruang Bermain Keluarga

sumber foto

Ruang bermain di ruang basement tentu saja akan membuat area basement tampil lebih menarik dan menyenangkan. Dengan menyediakan berbagai sarana bermain dan bersantai, anggota keluarga di rumah dapat saling mengakrabkan diri. Seperti halnya merancang ruang basement dengan adanya meja billiard dan area duduk santai sambil menikmati minuman di area bermain. Tentu saja fungsi ruang basement yang satu ini bisa membuat Anda dan keluarga lebih terhibur.


 

3. Ruang Gym

sumber foto

Jika Anda suka berolahraga, mendesain area basement menjadi ruang gym bisa menjadi solusi yang tepat. Ruangan basement yang terpisah dengan berbagai kegiatan sehari-hari lainnya, memungkinkan Anda untuk berolahraga dengan lebih rileks dan juga santai. Pastinya Anda juga dapat berkonsentrasi lebih karena tidak adanya gangguan atau bunyi bising yang dapat terdengar dari ruangan lainnya dalam rumah. Rancanglah ruang ini dengan berbagai peralatan olahraga yang Anda butuhkan untuk kesehatan.


 

4. Ruang Hiburan dan Baca

sumber foto

Berbagai macam koleksi buku dapat disimpan secara rapi di ruang basement satu ini. Tentunya tidak hanya area membaca saja, namun juga tersedia area hiburan untuk keluarga di dalam ruangan ini. Sebagai ruang baca, tentu saja ruangan harus memiliki lampu yang cukup terang dan nyaman untuk membaca. Sofa yang empuk akan menambah kenyamanan Anda di dalam ruangan ini.


 

5. Home Theater

sumber foto

Dengan pencahayaan yang minim, home-theater pun bisa menjadi tempat yang pas untuk ruang basement. Didesain dengan layar lebar yang terpasang pada dinding, dan dudukan sofa santai yang nyaman untuk menonton. Pencahayaan yang tidak terlalu terang akan menonjolkan suasana menonton seakan berada di bioskop. Seru dan asik.

 

6. Home Bar

sumber foto

Bar di area basement menjadi salah satu pelengkap di dalam rumah hunian. Tentunya Anda dapat mengundang beberapa teman ke rumah untuk mengadakan pesta kecil-kecilan di area basement rumah dengan adanya mini bar di dalamnya. Tentu saja basement juga dapat menjadi tempat penyimpanan berbagai minuman anggur yang anda koleksi. Tentu saja mengadakan pesta di area basement tidak akan mengganggu anggota keluarga lain atau bahkan tetangga di samping rumah.

Kira-kira basement rumah Anda bisa jadi apalagi ya selain enam ruang di atas?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter