article / Building / Cloud House: Rumah Huni Dengan Bentuk Atap Lengkung Menyerupai Awan
04 Juni 2017 233 Views

Cloud House: Rumah Huni Dengan Bentuk Atap Lengkung Menyerupai Awan

Berlokasi di Australia, tepatnya di Fitzroy North, Cloud house ini merupakan rumah tambahan dan renovasi dari rumah Edwardian. Didesain oleh Mcbride Charles Ryan rumah ini memiliki bentukan yang fun dan atraktif, berbeda dengan rumah utama di depannya.

Bagian depan rumah yang menghadap ke jalan utama dibiarkan sama seperti sebelumnya yaitu dengan desain edwardian yang muncul pada abad awal 20an. Hal ini dilakukan sebagai rasa menghargai gaya arsitektur yang muncul di daerah tersebut, serta memberikan kesamaan wujud dengan lingkungan sekitarnya.'

Karya Charles Ryan ini didesain menjadi tiga bagian. Hal tersebut membuat orang yang masuk ke dalam rumah ini merasakan serangkaian pengalaman yang berbeda di dalam rumah. Pada bagian pertama terdapat ruangan serba putih dengan gaya rumah tradisional. Lalu ruangan serba merah berbentuk kotak. Setelahnya ruangan dengan bentukan atap melengkung dan dinding yang dilingkupi oleh material kayu di keseluruhannya.

Ruang-ruang privat seperti kamar tidur, kamar mandi dan juga ruang kerja berada di bangunan eksisting. Satu-satunya area publik di area ini adalah lorong menuju ke ruangan di belakangnya. Ruang kerja juga terhubung dengan deck yang juga dijadikan akses menuju ke ruang di belakangnya.

Pada bagian interior rumah dilakukan beberapa renovasi yang menjadikan rumah lebih nyaman. Ruangan dengan warna serba putih dipadukan dengan karpet jalur masuk bermotif bunga yang eksotis. Selanjutnya terdapat ruangan yang dihiasi dengan kotak berwarna merah. Ruangan ini adalah area dapur yang merupakan pusat dari rumah ini yang menjadi penghubung antara ruang pada rumah bergaya edwardian dengan cloud house.

Bentukan seperti awan tersebut merupakan bagian yang tidak terduga. Mengikuti bentukan yang memberikan kesan ceria dan menyenangkan seperti yang dibayangkan oleh anak kecil. Area pada rumah awan in menjadi area bersantau dimana anggota keluarga ataupun dirimu bersama teman-teman dapat berkumpul dan makan bersama dilingkupi oleh perasaan hangat dan santai. 

Cloud house memiliki tampak yang menghadap ke arah selatan dan dapat mengontrol cahaya dari utara agar dapat masuk ke dalam rumah melalui cross-ventilation. Bentuk awan yang melengkung tersebut membuat interior di dalamnya lebih dramatic dengan dinding, lantai, dan plafon yang terlihat saling menyatu secara keseluruhan melalui materialnya. Dengan geometris yang terlihat menyenangkan ini, bagian luarnya dilengkapi dengan pelingkup metal silver.

Cloud house dilengkapi dengan dinding dan pintu kaca yang mengekspos area dalam bangunan secara keseluruhan. Warna coklay kayu sangat dominan dan dipertegas dengan warna lampu yang memantul di material kayu. Namun ketika dilihat dari jauh, area dapur yang berupa kotak tersebut pun menjadi titik fokus dalam bangunan karena warna merahnya yang mencolok.

Sedangkan di area paling belakang rumah ini terdapat kolam renang dan halaman belakang. Tentunya area ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak pun dapat bermain secara aman di area ini. Lahan rumah dilingkupi dengan dinding pagar kayu yang membatasinya dengan lahan rumah tetangga sehingga memberikan batasan privasi pada rumah ini dengan yang lainnya.

sumber: cloud house

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment