article / Garden / Buat Kamu yang Punya Taman di Rumah, Inilah Inspirasi Jalur Jalan Setapak yang Cantik dan Menyatu dengan Alam!
20 Maret 2018 893 Views

Buat Kamu yang Punya Taman di Rumah, Inilah Inspirasi Jalur Jalan Setapak yang Cantik dan Menyatu dengan Alam!

Dalam mendesain sebuah taman tentunya ada bagian yang perlu diperhatikan yaitu tempat berjalan atau biasa disebut jalanan setapak. Jalanan setapak ini juga menjadi alur agar taman lebih tertata rapi. Baik penghuni dan pengunjung pun juga dapat berjalan dengan nyaman tanpa merusak taman karena adanya jalan setapak. Jalan ini pun dapat didesain dari beragam material ataupun bentuk. Berikut beberapa tampilan jalan setapak yang dapat diaplikasikan di taman rumah.

1. Batu Setapak

batu setapak dan kerikil via hgtv

Jalan setapak dari bebatuan merupakan salah satu desain yang paling mendasar ada di taman. Selain memberikan tampilan yang natural jalan dari bebatuan tersebut juga menampilkan kesan yang kokoh. Batu setapak ini pun juga dapat dipilih sesuai keinginan seperti batu berbentuk lingkaran, kotak, atau bahkan tidak beraturan. Setiap bentukan itu pun memiliki keunikannya masing-masing. Tidak hanya bentukannya namun area pelingkupnya juga perlu dipikirkan seperti rerumputan, tanah, atau kerikil di antara batu tapak tersebut akan terlihat cantik jika dikombinasikan dengan tepat.

2. Jalan Papan Kayu

jelur papan kayu via hgtv

Salah satu jalan taman yang cukup digemari adalah dengan menggunakan material kayu. Papan kayu ini sendiri bisa didesain dengan berbagai macam bentuk seperti halnya disusun dan ditinggikan seperti jembatan kayu atau dikombinasikan dengan material tanah lainnya. Kayu sendiri memberikan sentuhan warna estetik dan hangat pada area bagian lahan. Tampilannya pun juga dapat menambahkan kesan elegan tersendiri.

3. Batu Bata Merah


bata merah melengkung via houzz

Material yang satu ini akan memberikan kesan yang rapi pada halaman rumah. Batuan balok ini bisa ditata menjadi beragam bentukan. Mulai dari susunan lurus seperti biasa pada umumnya hingga dibuat motif tertentu. Kreativitas menjadi hal utama saat mendesain pola dan juga layout jalan setapak dengan material ini.

4. Mosaic

berbagai bentukan batu menjadi satu via gardenloversclub


Material bebatuan mosaic ini memberikan suatu pola tertentu yang terlihat simple namun juga unik. Jalan ini terbuat dari plate batu yang dipecahkan lalu disatukan kembali sehingga menjadi tampilan yang unik. Tidak hanya batu, material beton pun juga bisa dijadikan untuk membuat jalan mosaic seperti pada gambar.

5. Dekoratif

susunan kerikil berpola via beesandroses

Batu taman dengan warna dan ukuran tertentu dapat ditata hingga menjadi sebuah motif tertentu. Jalanan dekoratif akan memperindah taman di halaman rumah. Tentu saja detail dari jalan tersebut menjadi sebuah karya seni pada lanskap hunian. Untuk detail dekoratif melengkung seperti diatas akan cocok untuk rumah yang berada di lokasi dekat pantai karena pola dan warnanya.

6. Jalan Kerikil


kerikil pada jalur jalan via indulgy

batuan kerikil yang ditata dalam area yang sudah diberikan batasan akan membentuk tampilan rapi pada area taman. Kerikil sendiri tentunya berbeda dengan jalanan tanah biasa. Dengan mengikuti jalur kerikil, alas kaki tidak akan membekas dengan tanah basah ketika hujan. Warna abu-abu dari kerikil memberikan tampilan yang mempesona diantara warna hijau tanamannya.

7. Batang Kayu Bundar

batang kayu bulat via gardenloversclub

batang kayu yang berbentuk bundar dipotong dan dijadikan tempat bertapak pada jalur di taman. Batang kayu ini pun dilingkupi dengan batu putih taman yang membuat warna kayunya lebih hidup dan juga menegaskan warna lain disekitarnya. Jalur yang tampak menyenangkan ini tentunya menjadi ide yang menarik untuk diterapkan pada halaman taman rumah.

8. Jalan Rerumputan

jalan rumput via backyardboss

Rumput sendiri juga dapat dijadikan sebuah jalur jalan pada taman. Tentunya rumput untuk area berjalan ini dapat dibedakan dengan adanya warna yang berbeda dengan rumput taman ataupun diberikan pembatas pada kedua sisinya dengan tanaman seperti pada gambar di atas.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter