article / Interior / Ciri Khas Interior Scandinavian yang Mengesankan!
14 September 2022 126 Views

Ciri Khas Interior Scandinavian yang Mengesankan!

Konsep interior Scandinavian adalah salah satu gaya desain kontemporer yang paling populer. Tampilannya yang sederhana namun menarik dan unik membuat Scandinavian Interior menjadi pilihan praktis untuk mewujudkan rumah impian Anda.

 

Karakteristik Scandinavian Interior

 

Tapi apa sebenarnya Scandinavian interior itu? Sebenarnya tidak sulit untuk mengenali gaya interior Scandinavian karena ciri khas yang sering ditemukan pada interior Scandinavian. Berikut ciri-ciri umum gaya interior Scandinavian yang bisa Anda kenali dengan mudah!

 

  • Ciri Dominan Menggunakan Warna Netral
 

sumber : freshome

 

Memasuki ruangan bergaya Scandinavian, Anda pasti akan disambut dengan warna-warna cerah dan umumnya netral. Putih sering menjadi warna dominan dalam konsep interior Scandinavian dan kemudian dilengkapi dengan warna-warna lembut lainnya seperti biru muda, coklat muda, dan warna netral pastel.

 

  • Jendela dan Bukaan yang Relatif Besar serta Pencahayaan Alami
 

sumber : freshome

 

Warna cerah pada interior Scandinavian dicapai tidak hanya dari warna, tetapi juga karena bukaan pada desain interior Scandinavian juga relatif besar dengan pencahayaan yang natural maksimal.

 


Adanya bukaan yang besar memungkinkan masuknya cahaya alami dan udara segar  ke dalam ruangan, sehingga membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Hal ini juga sering menjadi faktor mengapa gaya interior Scandinavian menjadi salah satu gaya desain yang paling populer dan menarik.

 

  • Kehadiran Elemen Kain dalam Desain Interior Scandinavian
 

sumber : pinterest

 

Meskipun kurangnya warna dan kesederhanaan yang mencolok, interior Scandinavian tetap hangat dan tidak kaku. Hal ini dikarenakan adanya elemen kain yang melengkapi tampilan secara keseluruhan. Mulai dari karpet,  gorden, hingga  taplak meja atau kain dekoratif untuk memperindah ruangan.

 

  • Interior Skandinavia Serupa dengan Material Kayu yang Hangat
 

sumber : bestdesignideas


 

Selain itu, kehadiran elemen kayu pada interior Scandinavian juga menjadi salah satu faktor yang menghadirkan kehangatan pada interior Scandinavian. Elemen kayu ini biasanya tidak  dominan dan diaplikasikan pada lantai, langit-langit atau furnitur. Dalam gaya interior Scandinavian, elemen kayu ini tidak memiliki warna yang kontras. Cokelat muda dan putih sering menjadi pilihan untuk mewakili elemen kayu.

 

  • Kesederhanaan dan Penekanan Pada Fungsionalitas yang Lebih
 

sumber : decoraid

 

Dalam hal furnitur, Interior Scandinavian cenderung mengadopsi gaya sederhana yang mengarah pada minimalis tanpa detail rumit. Dalam interior Scandinavian, aspek fungsional sering diperhitungkan saat menentukan furnitur yang akan mengisi ruang interior Scandinavian Anda.

 

  • Interior Scandinavian dengan Detail Minimalis

 

sumber : google

 

Tidak hanya dalam pemilihan furnitur, di semua aspek ruangan, pada umumnya furnitur Scandinavian sangat minimalis dalam detail. Seluruh ruangan biasanya sangat rapi dan sederhana, penambahan elemen dekoratif cenderung menggunakan dekorasi sederhana yang tidak terlalu berlebihan.

 

  • Ornamen Alami Pelengkap Interior Scandinavian
 

sumber : pinterest

 

Melanjutkan poin sebelumnya, pada dekorasi interior Scandinavian yang umum digunakan, dekorasi alami seperti tanaman rumah dan ornamen kayu sering digunakan. Sekalipun pemilihan dekorasi juga mengutamakan dekorasi  sederhana, karena warna netral dan cerah mendominasi ruangan, dekorasi ini  tetap dapat terlihat mencolok dan tetap menarik .

 

  • Sofa Bergaya Scandinavian di Dalam Rumah
 

sumber : pinterest

 

Mengenali ciri-ciri interior rumah Scandinavian bukanlah hal yang mudah. Setelah Anda memahami karakter dasar ini, Anda tidak hanya dapat dengan mudah mendefinisikan gaya Scandinavian, tetapi juga  menciptakan ruang interior Scandinavian impian Anda sendiri. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikan interior Scandinavian pada rumah Anda?

 

Scandinavian Interior ini juga bisa diterapkan mulai dari sebuah ruang tamu sampai ruang kerja pribadi. Juga, gunakan furnitur yang selaras satu sama lain. Temukan berbagai furniture di tempat yang menjual kursi kantor untuk melengkapi ruang kerja serta sofa untuk ruang keluarga dengan interior Scandinavian. Juga tersedia dalam berbagai merek, seperti Heim Studio, Bottom Dock, Donati dan Pro Design.

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter