ARTIKEL / Living Room / Ide dekorasi Ruang Tamu
1K lihat

Ide dekorasi Ruang Tamu

featured-image

Berikut tips dekorasi ruang tamu agar lebih nyaman dan betah!

13 Small Living Room Ideas That Will Maximize Your Space | Architectural  Digestsumber : architecturaldigest.com

Ruang tamu adalah ruangan yang biasanya terletak di bagian paling depan dari sebuah rumah. Memiliki ruang tamu minimalis berukuran terbatas tentu bukan masalah apabila kamu dapat menyiasati dan menatanya dengan tepat.

Banyak hal yang harus kamu cermati dan perhatikan dengan baik dalam mendekorasi ruang tamu agar tetap terlihat luas dan lapang.

Dengan penataan yang tepat, ruang tamu minimalis kamu akan memberi nuansa nyaman dan dapat membuat semua orang yang berada di dalamnya merasa betah. 

 

1. Pasang jam dinding atau lukisan

The Best Living Room Paint Colors of 2023, According to Designerssumber : veranda.com

Untuk menambah kesan lebih menarik di ruang tamu minimalis dan sederhana, jam dinding atau lukisan bisa menjadi salah satu pilihan. Ornamen ini akan membuat dekorasi ruang tamu lebih terlihat hidup.

 

2. Kombinasi dua warna

Inspirasi Warna Cat Dalam Rumah yang Bagus | CV. Adhi Aksa Purasumber : adhiaksapura.com

Untuk menciptakan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik, kamu bisa mengaplikasikan cat dinding dua warna sekaligus. Cat ruang tamu dua warna ini tidak kalah menjadi primadona sekarang. Apalagi jika kamu menginginkan suasana rumah yang tidak monoton dan menyenangkan.

Perpaduan warna yang serasi akan menciptakan kesan nyaman pada ruangan, misalnya kamu bisa mengkombinasikan warna cerah dan gelap. Contohnya warna hijau tua yang cenderung gelap dan warna putih yang terang. Sehingga pemilihan warnanya akan memberikan kesan yang ideal. Furniturenya sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan, bisa juga ditambahkan beberapa dekorasi dinding.

 

3. Manfaatkan fungsi dinding secara maksimal

10 Rekomendasi Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis Modern (Terbaru 2023) -  CekList.IDsumber : ceklist.id

Walaupun kamu memiliki ruang tamu dengan ukuran yang terbatas, namun tentu kamu tetap dapat memaksimalkan penyimpanaan dengan memanfaatkan fungsi dinding secara vertikal dengan baik.

Gunakan beberapa rak, ambalan rak dan kotak display berpintu kaca untuk memajang berbagai koleksi buku dan majalah, pajangan, tanaman, serta tambahkan juga bingkai yang berisi gambar favorit kamu. Jangan lupa lengkapi dengan lampu atau pencahayaan yang tepat agar ruangan kamu terlihat cantik. Jadikan semua itu bagian dari keseluruhan dekorasi ruangan.

 

4. Pakai karpet agar ruangan semakin comfy

Karpet Yang Cocok Untuk Ruang Keluarga - Pintar Mencocokan

sumber : pintarmencocokan.blogspot.com

Guna menciptakan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik plus nyaman, kamu bisa menambahkan karpet. Ruangan tamu satu ini tampak seperti ruang keluarga dan ruang tamu yang dijadikan satu ruangan. Penggunaan karpet seolah menjadi pembatas antar area tersebut, sekaligus memberikan kesan yang hangat.

Karpet juga bisa membantu menyerap suara, sehingga ruang tamu terasa lebih nyaman, menambah kehangatan ruangan, mengurangi kesan yang dingin dan juga akan menutupi lantai yang tidak rata atau berlubang, sehingga ruang tamu akan terlihat lebih rapi. 

 

5. Pilih sofa yang tepat

25 Rekomendasi Sofa Ruang Tamu & Keluarga Minimalis Modernsumber : cellini.co.id

Mendekorasi ruang tamu minimalis dan sederhana memang sedikit tricky. Salah satunya dalam menentukan pemilihan sofa untuk ruangan.

 

6. Gunakan cermin besar

15 Model Cermin Dinding Ruang Tamu - Pinhomesumber : pinhome.id

Meletakkan cermin besar di ruang tamu minimalis dan sederhana bisa memunculkan efek area ruangan lebih luas lho! Tinggal letakkan saja cermin di area sudut ruang yang sesuai.

 

Semoga bermanfaat!

invisible hit counter