ARTIKEL / Building / Intip Rumah Tersempit Yang Ada Di Polandia
773 lihat

Intip Rumah Tersempit Yang Ada Di Polandia

featured-image

Rumah merupakan tempat ternyaman untuk pulang setelah melakukan berbagai banyak kegiatan yang melelahkan. Umumnya, setiap orang mendambakan rumah dengan bangunan yang besar dan memiliki ruangan yang luas serta nyaman.

 

Setiap pemilik rumah pasti akan berusaha untuk mendesain rumah mereka agar dapat tampak lebih luas. Namun apakah anda tau bahwa ada seorang arsitek di Warsawa, Polandia yang membuat rumah tersempit di dunia.

 

Arsitek Jakub Szczesny mendesain sebuah rumah yang ‘terselip’ diantara dua gedung besar pada tahun 2012. Rumah dengan lebar 1,2 meter itu dibangun khusus oleh Jakub Szczesny untuk seorang seniman, penulis, serta pembuat film dari Israel bernama Etgar Keret. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Jakub pada proses pembangunan rumah tersempit di dunia ini.

 

Tantangan terbesar yang ia hadapi adalah masalah kepemilikan, peraturan bangunan, dan juga pembiayaan. Bekerja sama dengan Polandia Art Fondation, Jakub akhirnya memulai konstruksi kerja sama tersebut setelah berhasil mengumpulkan USD 80 ribu atau bernilai sekitar 996,8 juta rupiah untuk proyek ini. Pembuatannya juga tidak mudah karena lahan yang tesedia sangat sempit dan membuat proses kontruksi harus berjalan secara manual.

 

Penghuni pertama dari rumah tersebut tentunya adalah Etgar Keret, maka dari itu bangunan ini diberi naman The Keret House. Sebagai tuan rumah dari bangunan sempit tersebut, Etgar merupakan orang yang akan memilih siapa saja yang boleh menepati The Keret House ketika sedang available untuk ditinggali.

 

Ya, sejak Oktober 2012, rumah tersempit di dunia tersebut sudah dibuka secara umum meskipun tidak selalu tersedia untuk ditempati. Hunian tersebut berfungsi sebagai instalasi yang didedikasikan untuk para penulis lepas yang suka menjelajahi Negara demi Negara untuk mencari secerah inspirasi.

 

Rumah yang memiliki sisi tersempit dengan ukuran 92 cm dan sisi terluasnya yang hanya sebesar 152 cm ini memiliki dua lantai yang terbuat dari besi. Namun walaupun memiliki ruangan yang kecil, struktur bangunan ini dibangun semi transparan dipadu dengan dekorasi yang terbuka dan tidak akan menimbulkan kesan claustrophobia atau ketakutan akan ruangan sempit.

 

Etgar Keret mengakui, meskipun pada awalnya ia khawatir bahwa rumah yang akan ditempatinya tersebut akan terasa gelap dan sesak, namun ternyata ia merasa sangat nyaman karena terdapat banyak cahaya di dalamnya.

 

Mengintip Isi Dari Rumah Tersempit Di Dunia

Rumah tersempit di dunia ini tidak memiliki banyak kemewahan, namun tetap dilengkapi dengan semua fasilitas modern untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dibawah ini anda dapat mengintip isi bangunan rumah tersempit ini.

 

Pintu masuk yang di dorong ke atas

Sumber: brilio

Berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah ini memiliki pintu masuk yang harus dibuka dari bawah ke atas seperti pintu loteng melalui sebuah tangga besi yang hanya dapat dilalui oleh satu orang.

 

Ruang tamu mini

Sumber: Brilio

Ruang tamu mini ini merupakan hal pertama yang akan anda temukan. Hanya memiliki satu meja dan juga dua kursi yang menempel pada dinding, ruangan tamu ini sangat sempit sehingga harus menekuk kaki.

 

Dapur dan kamar mandi mini

Sumber: Brilio

Sumber: production

Meskipun terdapat dapur kecil pada rumah tersempit di dunia ini, namun meskipun begitu, dapur mini tersebut tidak memiliki ruang untuk memotong, mencuci, hingga memasak. Kulkas kecil yang tersedia juga hanya dapat menampung dua minuman. Kamar mandi yang tersedia juga hanya menyediakan toilet dengan kepala pancuran yang ada di atasnya.

 

Tangga vertikal untuk akses ke lantai 2

Sumber: Brilio

Satu-satunya akses untuk naik ke lantai 2 adalah tangga vertikal yang menempel pada dinding tersebut. Anda harus memanjat tangga tersebut untuk sampai ke lantai 2.

 

Kamar tidur dengan meja kecil

Sumber: Brilio

Di lantai dua hanya terdapat ruangan tidur yang memiliki satu kasur, sebuah meja kecil yang menempel pada dinding dan juga sebuah kursi. Terdapat sebuah jendela kecil sehingga ruangan terlihat jauh lebih luas dan tidak terasa sempit.

Demikian tampak dari rumah tersempit di dunia saat ini, menurut Etgar Keret, ia merasa cukup senang untuk berada di rumah ini setiap ia berkunjung ke Polandia. Kini, Jakub juga sedang membuat misi untuk mencari dan mengisi kekosongan yang ada di antara dua bangunan di Warsawa dan kota lain seperti Berlin.

 

TINGGALKAN KOMENTAR


invisible hit counter