article / Rooftop / ROOFTOP GARDEN: TEMPAT NYAMAN YANG MEMBUATMU HIDUP KEMBALI  
09 Oktober 2020 3K Views

ROOFTOP GARDEN: TEMPAT NYAMAN YANG MEMBUATMU HIDUP KEMBALI  


 

Rooftop garden atau taman atap adalah ruang hijau buatan manusia di level paling atas, biasanya atap atau balkon dari sebuah bangunan. Taman ini dirancang untuk membudidayakan tanaman, menyediakan ruang bermain, memberi keteduhan dan tempat berlindung, atau sebagai tempat duduk dan area hijau.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Memiliki sebuah taman di rumah tentu menjadi idaman hampir semua orang. Selain membuat rumah sejuk, adanya taman juga membuat si pemiliknya selalu tenang dan nyaman ketika berada di rumah. Namun sayangnya, banyak orang terkadang merasa kesulitan untuk membuat taman di rumah. Penyebab utamanya biasanya karena sempitnya lahan yang mereka miliki dan kesusahan untuk menata ulang kembali sudut-sudut rumah mereka.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Nah, sebagai solusinya, jika kamu memiliki atap atau rooftop, kamu bisa memanfaatkan area tersebut sebagai taman atap yang hijau. Hal ini sebenarnya perlu rooftop yang besar dan luas. Tapi jika kamu bisa mendesainnya dengan baik, maka akan jadi tempat favorit keluarga untuk berkumpul.  Kamu dan keluarga tentunya dapat menikmati hijaunya taman sembari pemkamungan langit dan gedung-gedung bangunan tinggi.

 

 

Copyright by Nationswell.com

Dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Selain manfaat dekoratif, rooftop garden bisa mengembangkan aktivitas bercocok tanam, mengontrol suhu, memberikan manfaat hidrologis, menambah estetika, habitat atau koridor untuk margasatwa, kegiatan rekreasi, dan dalam skala besar memiliki manfaat ekologis. Seni bercocok tanam di rooftop   garden kadangkala disebut sebagai rooftop farming (pertanian atap), yang biasanya menggunakan sistem green roof, hidroponik, aeroponik, atau air-dynaponics atau tanaman pot.

 

Copyright by Pinterest.com

Tak perlu lapangan luas untuk menanam tanaman buah dan sayuran. Ide desain taman rooftop ini bisa menjadi inpirasi. Belum lagi, dengan tanaman lainnya di pot-pot kecil. Berkebun di rumah pun jadi mengasikkan dengan adanya taman di rooftop ini.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Liburan bersama keluarga tak melulu harus ke luar rumah dengan pergi ke mall atau tamasya. Kini dengan konsep desain taman rooftop seperti di atas, kamu dan keluarga serasa liburan setiap hari.

 

Copyright by Skygarden.com

Itulah beberapa inspirasi untuk membuat desain rooftop garden, bagaimana tertarik membuatnya? Untuk hasil yang maksimal, tetap kunjungi Furnizing.com untuk mengupgrade berbagai macam informasi mengenai dekorasi rumah dan inspirasi desain rumah idaman kamu yah, kamu juga dapat menemukan banyak inspirasi desain lainnya di Furnizing.com. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah kamu yah!


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter