article / Interior / SULAP LOTENG RUMAH JADI RUANGAN INDAH ! SIMAK INSPIRASINYA YUK..
17 Juli 2021 277 Views

SULAP LOTENG RUMAH JADI RUANGAN INDAH ! SIMAK INSPIRASINYA YUK..


Loteng ibarat sebuah topi. Area ini merupakan satu tempat di antara lantai dan atap. Loteng merupakan area tersembunyi yang kerap tidak dimanfaatkan secara maksimal, padahal menyimpan potensi sangat besar untuk dijadikan ruang dengan banyak fungsi.

Keberadaan area loteng sebenarnya cukup penting. Area inilah yang merupakan wilayah insulasi pada sebuah bangunan. Sekadar informasi, insulasi pada bangunan digunakan untuk termal dengan beberapa istilah yang berlaku yakni; insulasi api, insulasi akustik dan insulasi impact (untuk getaran yang disebabkan oleh aplikasi industri).

Loteng rumah sebagai sebuah ruang dengan fungsi isolasi merupakan cara yang paling praktis dan murah untuk menjadikan rumah lebih hemat energi. Keberadaan loteng bisa mendinginkan suhu pada ruangan rumah di saat panas; dan juga sebaliknya; menjaga suhu ruang agar tetap hangat di saat cuaca dingin.

1. Ruang Santai di Loteng Rumah juga Asik

pinterest.com

Look so good!!Ini dia penampilan loteng rumah yang disulap menjadi kamar indah. Loteng rumah sebetulnya dapat dimanfaatkan dan difungsikan menjadi beberapa konsep ruangan lho, salah satunya kamar ini.

Bangun tidur di atas kasur lantai, lalu disambut pemandangan alam bukan lagi mimpi berkat model loteng rumah seperti ini. Pada bagian dindingnya, desain jendela berukuran besar agar pencahayaan alami masuk secara optimal.

Interior ruangan mengusung tema rustic dengan dinding yang dilapisi papan kayu dan lampu gantung unik dari ranting pohon. Sinar matahari yang masuk akan membuat interior loteng rumah ini terlihat dramatis dan terbuka.

2. Loteng Rumah disulap menjadi Area Yoga

pinterest.com

Inspirasi selanjutnya, Loteng rumah yang bisa dijadikan tempat Meditasi atau olahraga yang membutuhkan ketenangan yaitu Yoga. Tempat ini sangat cocok untuk melakukan yoga karena selain jauh dr kebisingan penghuni lain yang berada di lantai bawah yang biasanya lebih sering digunakan untuk beraktifitas misalnya menonton tv, memasak dll.

Dilengkapi dengan Sofa minimalis dan perlengkapan olahraga seperti matras Yoga, Gym Ball membuat kesan ruangan terlihat sangat comfy dan sejuk ya sahabat, bakal betah banget nih pasti Yoga disini.

3. Play room sederhana untuk anak

pinterest.com

Memanfaatkan loteng rumah sebagai Play Room untk anak juga termasuk pilihan yang tepat. Selain anak-anak dapat bermain dengan leluasa, disini ibu dan ayah juga bisa banget lho untuk bersantai sambil menemani anak bermain.

Jika anda ingin memanfaatkan loteng rumah untuk area bermain anak,anda harus melakukan pengawasan ekstra ketat ya bunda, pastikan keanaba dan kenyamanan anak tetap terjaga.

Andapa dapat meletakkan storage maksimal untuk menyimpan mainan anak agar terlihat rapidan bersih. Jendela untuk sirkulasi.

4. Loteng untuk tempat pakaian

pinterest.com

Jika anda empunya loteng rumah yang bingung mau digunakan untuk apa, anda dapat menggunakan nya sebagai tempat menyimpan pakaian yang sudh jarang dipakai atau hanya dipakai untuk waktu tertentu saja.

Biasanya lemari pakaian diletakkan di kamar tidur agar lebih gampang ketika ingin memakai pakaiannya. Nah yang satu ini dapat anda jadikan sebagai tempat pakaian yang jarang dipakai atau hanya untuk acara tertentu saja. 

5. Ruang Belajar minimalis di Loteng Rumah

 

bobvilla.com

Kegiatan belajar di dalam kamar tidur seringkali berakhir menjadi tidur malam hingga pagi. Supaya belajarnya lebih fokus, sebaiknya sediakan ruang belajar khusus di loteng rumah minimalis sederhana.

Sediakan beberapa meja komputer di sudut ruangan. Lalu di bagian tengah, letakkan meja untuk menikmati camilan dan minum. Tambahkan karpet, kipas angin, dan kursi malas untuk suasana yang lebih nyaman. Kalau mau dijadikan ruang kerja juga bisa!

Setelah melihat kelima model loteng rumah, tak ada salahnya mencoba membersihkan loteng, melakukan cara mengusir tikus agar tikus tidak kembali lagi, dan merenovasinya agar dapat menjadi ruangan yang berfungsi bagi penghuninya. Pastikan bahwa loteng rumah juga selalu dirawat dan dijaga kebersihannya agar debu tidak menumpuk dan menjadi sarang kuman dan hama.

Yukk manfaatkan ruangan rumah semaksimal mungkin dan agar lebih fungsional. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba :)


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter