article / Tips & Trick / Tips Menyimpan Barang Di Rumah Minimalis Agar Tetap Rapi
07 April 2022 211 Views

Tips Menyimpan Barang Di Rumah Minimalis Agar Tetap Rapi

Saat membangun rumah dengan konsep minimalis seringkali mengharuskan untuk membuat rumah selalu terorganisisir. Dibutuhkan beberapa upaya dalam menjaga segala sesuatu yang ada di dalam rumah untuk selalu berada pada tempatnya. Oleh karena itu, terdapat beberapa tips menyimpan barang di rumah minimalis agar tetap rapi.

Manfaatkan Kotak Penyimpanan

Sumber: id.pinterest.com/

Tidak harus sesuatu yang mewah untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan. Dengan harga yang relatif terjangkau maka bisa mendapatkan kotak-kotak penyimpanan. Masing-masing kotak dapat diisi sesuai dengan kategori bendanya, kemudian letakkan dengan rapi kotak-kotak tersebut. Agar memudahkan ketika membutuhkan barang tersebut, maka masing-masing kotak dapat diberi nama. Kotak penyimpanan ini juga tidak harus baru, dapat juga memanfaatkan kotak sepatu atau wadah yang ada di rumah. Pastikan bahwa kotak atau wadah tersebut dalam keadaan bersih sebelum digunakan untuk tempat penyimpanan.

Gunakan Gantungan

Sumber: id.pinterest.com/

Agar ruangan minimalis tidak berantakan maka di beberapa ruangan harus disediakan gantungan. Biasanya setelah berpergian maka diperlukan tempat untuk menyimpan tas, kunci kendaraan dan jaket. Oleh karena itu, agar tidak menyimpan barang sembarangan maka memerlukan gantungan untuk meletakkan barang tersebut. Selain membuat ruangan tetap rapi, dengan menggantung barang-barang tadi akan memudahkan ketika akan menggunakan barang kembali. Biasanya gantungan ini dapat diletakkan di pintu dapur atau juga di dalam kamar tidur. Gantungan ini memiliki berbagai macam desain, ada yang di desain dengan bentuk gantungan saja serta ada juga yang ditambahkan dengan beberapa rak kecil untuk menyimpan barang.

Memilih Rak Dinding Tempel

Sumber:id.pinterest.com/

Rak dinding tempel memiliki banyak desain, namun biasanya memiliki bentuk kotak memanjang. Biasanya rak dinding tempel ini dapat digunakan di ruang tamu minimalis. Dengan menggunakan rak dinding tempel ini akan membuat ruang tamu tampak luas dibandingkan jika menggunakan lemari. Selain itu, rak dinding tempel ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam dekorasi ruang tamu. Misalnya seperti foto pigura bergambar pemandangan, koleksi pribadi seperti action pigure dan kendi-kendi kecil, buku-buku bagi yang hobi membaca, tanaman hias dengan pot kecil dan lainnya yang sesuai dengan ukuran rak dinding tempel yang digunakan.


Maksimalkan Rak Terbuka

Sumber: id.pinterest.com/

Rak terbuka dengan desain seperti ini cocok digunakan di dalam ruang tamu, kamar tidur atau ruang kerja pribadi. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun rak ini dapat menampung berbagai macam buku jika di simpan di ruang kerja pribadi. Selain itu, rak terbuka ini juga dapat membantu untuk menamipilkan kesan estetik pada ruang tamu minimalis. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih rak yang berbahan kayu dengan warna kayu alami, kemudian menyimpan barang seperti beberapa tanaman pot hias dengan ukuran kecil atau pajangan lainnya yang membuat tampilan ruangan semakin cantik.



Pilih Lemari Multifungsi

Sumber:id.pinterest.com/

Pada kamar tidur sebaiknya memilih lemari yang multifungsi. Hal ini dilakukan selain untuk alasan kerapian juga agar ruangan minimalis dapat menampung berbagai hal sesuai kebutuhan. Misalnya dalam kamar tidur minimalis ini tidak hanya terdapat kasur untuk tidur saja, namun juga tempat untuk kursi serta meja belajar. Maka solusinya adalah menempatkan lemari multifungsi di dalam kamar. Lemari ini selain digunakan untuk menyimpan pakaian, namun juga terdapat rak terbuka dengan ukuran kecil sebagai tempat penyimpanan buku. Selain itu, terdapat juga space yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan meja belajar. Dengan lemari multifungsi ini maka membuat kamar tidur tampak luas dan sesuai dengan kebutuhan.

Rapikan Secara Teratur

Sumber: id.pinterest.com/

Agar ruangan tetap rapi maka barang memang harus disimpan pada tempat penyimpanan yang memang tidak menggunakan tempat yang luas. Oleh karena itu perlu disesuaikan dengan area ruangan serta kebutuhan sebelum memutuskan untuk menggunakan rak atau lemari dengan desain tertentu. Selain itu, hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan konsisten melakukan pembersihan kecil secara teratur di setiap ruangan dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekacauan besar. Misalnya dengan meluangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan. Selain itu, rapikan juga barang-barang agar tetap sesuai dengan posisinya dalam tempat penyimpanan.

Itulah beberapa tips menyimpan barang yang dapat dilakukan agar rumah minimalis selalu rapi. Dengan mempertimbangkan beberapa rak, gantungan serta lemari yang memiliki berbagai macam desain sebagai tempat penyimpanan. Kemudian dengan menyusun barang sesuai kategori atau sesuai warna serta konsistensi dalam merapikan barang-barang tersebut maka akan membuat ruangan minimalis terlihat rapi dan tidak sempit.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter