article / Tips & Trick / Yuk Simak Pedoman Perencanaan Pembuatan Rumah Baru!
17 Juni 2022 157 Views

Yuk Simak Pedoman Perencanaan Pembuatan Rumah Baru!


Kebutuhan akan tempat tinggal sangat penting masa kini. Membuat hunian sendiri akan lebih nyaman dibandingkan mengontrak ataupun kost. 

Namun dalam pembuatan rumah baru tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada banyak sekali yang perlu diperhatikan, salah satu contohnya desain seluruh ruangan rumah.

homestratosphere.com

Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan pembuatan rumah baru. Simak baik-baik informasi kali ini. 

 

1. Survey lokasi pendirian rumah

Perencanaan pertama yang perlu diperhatikan adalah mensurvey lokasi pendirian rumah. Mengetahui kondisi lokasi pendirian rumah akan mempermudah pembuatan desain yang sesuai dengan struktur tanah.

Tidak hanya itu, Anda harus menentukan lokasi yang strategis contohnya dekat dengan kota, rumah ibadah, dll. 

2. Pembuatan desain rumah

Perencanaan yang tidak boleh dilewatkan sedikitpun adalah mendesain rumah. 

Anda bisa menyewa jasa yang disediakan oleh arsitetur atau menggambarnya sendiri.Dengan adanya desain rumah akan mempermudah Anda mendapatkan rumah impian. 

Berikut ini contoh gambar desain perencanaan pembuatan rumah!

artstation.com

 

3. Pengajuan IMB

Apakah Anda sudah tahu dengan IMB? IMB adalah izin mendirikan bangunan. Ada tujuan dibalik pengajuan IMB saat mendirikan rumah yaitu  melindungi pemilik bangunan secara hukum, bentuk legalitas. 

Anda bisa mengajukan desain rumah ke pemerintah dan menunggu persetujuan. Sebenarnya ini penting karena pemerintah akan memberikan petunjuk mengenai perencanaan yang mana tidak melanggar peraturan. 

Anda bisa mengajukan gambar desain rumah yang seperti ini, agar lebih jelas saat pengajuan IMB. 

arab-arch.com

 

4. Pencarian jasa kontraktor bangunan

Membangun rumah tidak bisa dilakukan dalam satu hari, maka dari itu membutuhkan penggunaan jasa kontraktor bangunan. Anda bisa mencarinya mulai sekarang. 

Pencarian jasa kontraktor bangunan bisa dikatakan susah-susah gampang, Anda perlu menemukan jasa kontrator yang transparan masalah biaya pembangunan, cekatan dalam mengerjakan desain rumah yang diberikan, dan tepat waktu untuk penyelesaian proyek bangunan. 

Mungkin nanti Anda akan melakukan survey jasa kontraktor bangunan terlebih dahulu, Anda bisa menyerahkan gambaran desain rumah yang mau didirikan agar tau seberapa besar kemampuan kontraktor. 

construyehgar.com

 

5. Perhitungan anggaran biaya 

bietthubienmovenpick.com

Membuat desain rumah besar maupun kecil tentu membutuhkan biaya. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar dalam mengalokasikan dana pembangunan rumah. 

Biaya pembangunan yang besar dikarenakan beberapa faktor material yang digunaan untuk mendirikan rumah dan luas bangunan yang didirikan. 

 

6. Mencari supplier material 

Dalam perhitungan biaya, menyinggung sedikit perihal material. Tentu saat perhitungan Anda sudah memilih material yang sesuai dengan kebutuhan. 

Banyak sekali bukan material yang dibutuhkan untuk membuat rumah baru? Maka dari itu, Anda wajib mencari supplier material bangunan terpercaya dan terjangkau yang mana supplier tersebut mampu memenuhi kebutuhan Anda dalam stock banyak. 

 

7. Penentuan jadwal pembangunan

 

pinterest/pinterest.cl

Setelah membuat desain rumah dan mengajukan IMB, permasalahan biaya juga sudah rampung. Sudah saatnya Anda beralih mengetahui kapan jadwal pelaksanaan pembangunan. 

Jangan sampai Anda memulai pembangunan dimasa-masa penghujan yang ada rumah Anda tidak akan beres. Ada baiknya memilih pembangunan pada musim kemarau, banyaknya panas membantu mempercepat pengeringan beberapa komponen dalam rakitan rumah. 

Anda bisa membayangkan bahwasannya hujan turun disaat para tukang mengisi struktur bangunan dengan semen. Mengerikan bukan?

Itulah beberapa pedoman jitu yang bisa Anda gunakan dalam merencanakan pembuatan rumah baru. Jangan sampai salah dalam merencanakan pembangunan rumah baru karena fatal. Pastikan Anda membuat rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan selama ini. 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter