article / Building / Atelier Chaeyeon: Bangunan Mixed-Use yang Didesain Modern dan Minimalis di Korea
01 Mei 2020 3K Views

Atelier Chaeyeon: Bangunan Mixed-Use yang Didesain Modern dan Minimalis di Korea

Bangunan mixed-use di Korea Selatan ini didesain oleh Dongjin Kim dan L'eau Design dengan besaran bangunan sekitar 458 meter persegi. Bangunan yang terlihat minimalis dan juga modern ini terdiri dari 5 lantai. Setiap lantainya memiliki fungsi yang berbeda dengan ukuran yang berbeda pula. Penggunaan beton bertulang menjadi konstruksi utama bangunan ini.

Bangunan ini pun menjadi ruang yang dapat diakses oleh publik. Setiap lantainya memiliki fungsi ruang yang berbeda. Meski begitu tempat tinggal menjadi salah satu fungsi bangunan ini. Berbagai fungsi yang ditawarkan pada bangunan ini bisa digunakan untuk publik atau disewakan untuk jasa tertentu.

Pada lantai dasar atau lantai satunya, bangunan dilingkupi dengan dinding kaca sehingga bagian dalam bangunannya terlihat. Lantai ini agak menjorok ke dalam dari jalan utamanya. Jalanan setapak dan tanaman di area luar ini memberikan kesan yang ramah. Area parkir kendaraan pun terasa luas dengan tampilan bebas kolom dan memanjang ke belakang.


Area yang pertama kali dimasuki oleh pengunjung ketika masuk ke dalam bangunan adalah hall sirkulasi. Pada tempat ini terdapat sirkulasi vertikal berupa tangga dan juga lift. Kafe menjadi fungsi pertama di lantai dasar ini. Seperti kafe pada umumnya, tempat ini juga memiliki pintu belakang sebagai pintu servisnya.

Lalu di bawah lantai ini, lantai basement, terdapat sebuah galeri yang cukup luas. Galeri ini dapat diakses melalui sirkulasi vertikal di dalam bangunan ataupun tangga yang berada di area luar bangunan. Tangga ini dapat diakses menuju galeri jika pintunya terbuka. Jika tidak area ini hanya menjadi area taman terbuka di basement.


Untuk lantai duanya, di atas kafe difungsikan sebagai kantor. Ukuran lantai ini lebih besar dari lantai dasarnya. Kamar Terdapat dua toilet dan juga ruang pantry kecil. Teras terbukapun juga terdapat di lantai kantor. Jendela kaca menjadi tempat cahaya masuk ke dalam ruangan kerja.

Pada lantai tiganya, menjadi area hunian untuk keluarga. Terdapat tiga kamar tidur pada hunian ini. Kamar tidur utama dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Ruang tengahnya didesain terbuka dengan ruang tamu, ruang makan, dan dapurnya. Hunian tentunya tidak lengkap tanpa adanya area terbuka, maka dari itu teras yang berada di samping bangunan memberikan tempat cahaya dan udara masuk secara alami ke dalam ruangan.


Sedangkan pada lantai empat, lantai paling atas, terdapat ruangan yang disewakan dengan area teras yang luas yang memberikan pemandangan perkotaan. Tentunya dapat difungsikan sebagai ruang kerja atau kantor. Cahaya dan udara pun dapat masuk ke dalam ruangan melalui jendela kaca nya. Pada lantai ini juga terdapat ruang kerja kecil di ujung ruangannya. Tentunya ruangan ini memiliki pencahayaan yang baik dengan adanya salah satu sisi ruangan dengan pelingkup kaca.

Rumah ini memiliki tampilan eksterior yang menarik. Fasad yang rigid dengan material beton ekspos menghiasi separuh dari bangunan ini. Dari bagian depan bangunannya fasad kaca pun dapat terlihat dan memberikan keunikan tersendiri di bangunannya.

Ketika malam tiba, lampu yang menyala dari ruangan-ruangan tersebut memberikan kesan bercahaya. Adapun bagian bangunan yang menggantung memberikan kesan bangunan yang melayang dikarenakan pada lantai dasarnya bangunan menggunakan pelingkup kaca sebagai dindingnya.

sumber: atelier chaeyeon


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter