article / Home Decor / Cara Mendekor Interior Rumahmu Dengan Gaya Ala Bohemian
09 Juni 2017 159 Views

Cara Mendekor Interior Rumahmu Dengan Gaya Ala Bohemian

Bohemian merupakan salah satu gaya desain yang bebas, acak-acakan namun tidak urak-urakan. Istilah ini sendiri sudah ada sejak lama dari abad pertengahan tahun 1800-an. Kata ini muncul untuk menggambarkan gaya hidup orang non-tradisional yang berpindah-pindah. Kemudian nama ini menjadi lebih identik dengan kata gipsi. Mendekor ala bohemian tentunya tidak pasti dan tidak teratur. Gaya ini sendiri merupakan gaya yang penuh warna dan bercampur antara etnik, hippies, serta vintage. 

Kesan kasual dan tidak formal sangat terasa di gaya yang satu ini. Jika dideskripsikan gaya ini merupakan perpaduan dari berbagai elemen seperti warna, material yang dicampurkan tanpa perlu merasa adanya kesalahan. Begitulah cara bohemian mengekspresikan gayanya. Meskipun memiliki fitur yang serupa, dua ruangan dengan gaya bohemian tidak akan pernah terlihat sama persis.

Berikut adalah karakteristik gaya desain bohemian yang bisa menjadi panduanmu untuk mendekor ala bohemian.

1. Bahan tekstil

http://www.decoist.com

Bahan tekstil atau kain merupakan hal yang paling penting untuk menonjolkan desain gaya bohemian. Berbagai corak, warna, tekstur pada kain tekstil yang dipadukan tidak perlu terlihat saling serasi. Hanya membutuhkan tampilan yang kontras dan corak yang beragam dapat memunculkan kesan bohemian. Semakin banyak corak yang terlihat pada sebuah kain akan semakin memperkuat gaya ini. Tentunya kain yang digunakan bisa diterapkan pada bantal, karpet, sofa, tirai, dan berbagai macam penggunaan kain lainnya pada ruangan.

2. Pencahayaan

http://www.decoist.com

Pencahayaan sebuah ruangan dengan gaya bohemian akan sangat berpengaruh. Baik pencahayaan alami maupun pencahayaan dari lampu akan menghasilkan suasana yang berbeda untuk ruangan. Lengkapi ruangan dengan jendela yang besar sehingga cahaya alami dapat masuk ke dalam ruangan. Kaca berwarna juga bisa membuat ruangan lebih cantik pada waktu siang atau malam hari. Lampu gantung atau lentera dengan gaya etnik pun bisa dijadikan untuk memperkuat gaya bohemian.

3. Furniture

http://www.decoist.com

Furniture yang digunakan untuk menampilkan kesan bohemian biasanya terlihat antik dan tua. Furniture dari berbagai periode dan tempat dikumpulkan dalam satu tempat. Gaya vintage merupakan furniture yang paling sering digunakan dalam menghias gaya bohemian namun tentunya dilengkapi dengan kain yang memiliki aksen atau motif unik. Pemilihan furniture yang nyaman merupakan pokok penting dalam gaya desain bohemian ini.

4. Aksesoris

https://id.pinterest.com

Aksesoris yang paling sering ditampilkan oleh gaya bohemian adalah bantalan sofa. Tentunya sangat mudah menata bantalan ini di berbagai ruangan yang ingin diberikan kesan bohemian. Dengan motif dan berbagai warna yang ceria menjadi nilai lebih untuk desain ruangan ini.

5. Karya Seni

https://id.pinterest.com

Berbagai karya seni yang diletakkan di dalam ruangan akan menambahkan kesan bohemian yang dimiliki oleh rumah. Perletakan karya seni itu pun bisa berupa lukisan potrait, landscape ataupun abstrak. Ketika berbagai macam karya seni disatukan dalam satu rumah tentunya akan memberikan keunikan tersendiri dalam ruangnya.

6. Warna

http://www.dorisleslieblau.com

Tidak ada aturan warna dalam desain bergaya bohemian ini. Bisa saja dalam ruangan bergaya bohemian terdapat lebih dari tiga ataupun sepuluh perpaduan warna. Disinilah letak perbedaan desain ala bohemian dengan yang lainnya. Warna dan pola pada gaya ini biasanya dipengaruhi oleh budaya atau lingkungan suatu tempat yang tentunya menarik peminat pemilik rumah. Kekontrasan warna tentunya juga menjadi keunikan dari desain bohemian.

7. Tanaman dalam Ruangan

https://id.pinterest.com

Salah satu ciri khas unik yang terdapat pada gaya bohemian adalah adanya kesan alam di dalam ruang. Kesan natural dihadirkan dengan adanya tanaman di interior rumahnya. Tidak perlu tanaman yang besar, cukup diletakkan di pot dan berukuran mini saja bisa menghadirkan kesan bohemian. Salah satu tanaman favorit yang sering diletakkan jadi penghias interior ala bohemian adalah tanaman berdaun tanpa bunga seperti pada gambar yaitu tanaman rambat yang memperunik ruangan.

Tentunya mendesain ala bohemian akan membuat rumah terasa lebih unik. Karakteristik bebas dan dekat dengan alam tersaji menjadi satu kesatuan dalam desain ini. Desain ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka diatur dan menyukai kebebasan.

sumber: bohemian style

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment