article / Home Decor / Tips Pencahayaan yang Baik Untuk Kamar Tidur di Rumahmu
12 Juni 2017 256 Views

Tips Pencahayaan yang Baik Untuk Kamar Tidur di Rumahmu

Kamar tidur tentunya harus didesain nyaman untuk pemilik kamar atau pun orang lain yang berada di dalamnya. Salah satu ruang utama dalam rumah ini memiliki berbagai elemen di dalamnya yang dapat mempengaruhi suasana hati. Salah satunya adalah elemen pencahayaan. Ketika akan tidur, pencahayaan tentunya perlu diatur sedikit redup sehingga kamar lebih nyaman untuk beristirahat. Namun ketika pencahayaan terlalu gelap, maka aktivitas lainnya yang dilakukan di kamar ini bisa terganggu. Maka dari itu jarak antar lampu dengan berbagai zona dalam ruang perlu diperhatikan. Tidak hanya itu, warna lampu dan intensitas cahaya juga perlu disesuaikan dengan kamar tidur. Berikut beberapa tips untuk mendesain pencahayaan di kamar tidurmu.

1. Ukuran lampu

http://www.ikea.com

Sebelum membeli lampu pencahayaan untuk kamar tidur, sangat penting dirimu untuk mengukur ukuran kamar. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi jenis lampu yang dapat digunakan dalam ruang dan jarak penerangannya. Pilihlah lampu yang dapat mengayomi keseluruhan ruang dalam zona-zona tertentu. Tentunya jika kamu pergi ke showroom pencahayaan, ahlinya akan membantumu untuk menemukan pencahayaan yang tepat.

2. Ketinggian ruang

http://www.hgtv.com

Masih berhubungan dengan ukuran lampu, ketinggian ruang akan mempengaruhi pencahayaan. Ketika plafon terlalu tinggi, lampu yang digunakan bisa berupa lampu gantung untuk menjangkau berbagai area lainnya di kamar. Ketinggian pencahayaan juga akan berbeda di setiap zona yang membutuhkan. Seperti pada lampu meja belajar, akan difokuskan mengarah ke buku dan segala macam barang di meja. Sedangkan pada area merias, lampu dari depan ke arah muka akan lebih baik sehingga dapat merias diri lebih baik.

3. Biarkan ruangan menyala

http://www.ikea.com

Tentukan aktivitas utamamu dalam kamar tersebut. Prioritaskan pencahayaan dengan kegiatan yang paling sering dilakukan dalam kamar. Area dengan aktivitas yang membutuhkan detail seperti bermain computer, menjahit, ataupun membaca membutuhkan pencahayaan secara langsung. Sedangkan pada area bersantai, pencahayaan bisa dilakukan dengan memantulkan cahaya sehingga secara tidak langsung menerangi area tersebut secara lembut.

4. Berada di Sisi terang

https://id.pinterest.com

Hindari pelingkup lampu yang menutupi pencahayaan. Meskipun bentuk lampu unik dan menarik, tentunya harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai pelingkup lampu yang unik tersebut membuat pencahayaan dalam ruangan terasa gelap. Hal tersebut berlaku untuk pencahayaan utama kamar. Namun jika untuk lampu meja baca ataupun belajar perhatikan penyebaran cahaya yang dihasilkan agar terasa lembut ketika melihat dan membaca buku.

5. Lokasi lampu

http://www.ikea.com

Perlu dirimu ketahui, bahwa pencahayaan kamar tidak boleh langsung berada di atas tempat tidur. Karena dirimu akan terus menatap lampu jika sedang berbaring dan membuatmu susah untuk beristirahat.

6. Gunakan lampu secukupnya

https://id.pinterest.com

Pencahayaan pada kamar cukup dengan lampu yang terpasang di plafon dan juga lampu portable berupa lampu meja. Jika terlalu banyak sumber pencahayaan tentunya akan membuat ruangan terasa tidak nyaman dan terlalu mencolok.

7. Atur mood ruangan

http://www.home-designing.com

Ambience pencahayaan yang kuat juga akan berpengaruh besar pada kamar tidur. Tambahkan dimmer pada lampu kamar. Bohlam lampu berwarna tentunya akan dapat mengubah mood ruangan.

8. Tambahkan pencahayaan untuk closet pakaian

https://id.pinterest.com

Area closet pakaian atau almari perlu diberikan pencahayaan juga. Para ahli pencahayaan lebih memilih menggunakan lampu fluorescent karena intensitas pencahayaan yang besar, hemat energi, dan dapat diletakkan dibalik pintu. Adanya pencahayaan yang tepat di closet akan memudahkanmu untuk mengenali warna pakaianmu.

9. Optimalkan lampu baca

http://www.hgtv.com

Lampu portable tentunya sangat penting untuk mereka yang suka membaca buku ketika akan tidur. Membeli lampu untuk membaca perlu diperhatikan pada kemampuan lampu yang dapat menyesuaikan keinginan pemilknya hanya dengan mengubah arah perletakkannya. Lampu harus terlingkup dengan baik sehingga bohlam tidak tampak dari luar. Pencahayaan akan mengarah fokus ke beberapa barang saja sehingga tidak akan mengganggu orang lain yang tidur dalam ruangan yang sama.

10. Kontrol lampu secara teknologi

http://www.hgtv.com

Tips terakhit ini bisa kamu terapkan untuk kehidupan yang lebih canggih di kamarmu. Dengan menggunakan remot dirimu bisa mematikan dan menghidupkan lampu tanpa harus beranjak dari tempatmu saat itu. Sangat memudahkanmu ketika akan tidur sehingga tidak perlu repot-repot bangun dari tempat tidur dan memencet saklar untuk mematikan lampu.

sumber: bedroom lighting

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


RELATED ARTICLES


INSTAGRAM POST



RELATED CATEGORIES