article / Garden / Inilah 8 Tanaman Herbal yang Cocok Tumbuh sebagai Kebun Dapur yang Bermanfaat Untuk Kamu dan Keluarga
21 November 2017 6K Views

Inilah 8 Tanaman Herbal yang Cocok Tumbuh sebagai Kebun Dapur yang Bermanfaat Untuk Kamu dan Keluarga

Menanam tanaman di rumah tidak hanya sekedar tanaman hijau atau bunga-bunga saja. Area taman atau kebun rumah akan lebih bermanfaat jika kita menanam tumbuhan herbal. Selain baik untuk kesehatan, tanaman ini pun akan menghias rumah anda jauh lebih asri. Tanaman herbal juga akan baik bila ditanam di dekat area dapur. Selain bisa memberikan kesegaran, tanaman tersebut dapat digunakan ketika memasak di dapur. Berikut beberapa tanaman herbal yang dapat kamu tanam di rumahmu.

1. Basil / Kemangi

basil plant

Basil merupakan salah satu tanaman herbal yang populer untuk dapur. Tanaman ini dikenal karena rasa dan aromanya yang segar. Baik basil kering ataupun fresh sangat cocok digunakan untuk memasak. Basil sendiri juga dapat digunakan untuk obat, pemberi aroma, antioksidan, hingga pengusir serangga. Ketika digunakan untuk makanan, basil akan memberikan manfaat banyak pada kesehatan seperti vitamin A, K, dan C, dan kandungan kalsium serta besi yang baik bagi tubuh.

2. Cilantro / ketumbar

cilantro

Cilantro memiliki antioksidan vitamin C yang tinggi setara dengan vitamin dan mineral. Tanaman herbal ini sangat baik untuk pencernaan dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh gas pada lambung. Banyak manfaat dari tanaman ini, biji ketumbar diketahui memiliki dampak positif pada gula darah dan mengurangi stress pada hati dan pankreas yang memproduksi insulin sehingga lebih baik serta memperlancar pencernaan. Aroma dan rasanya akan sangat cocok untuk bumbu memasak daging. Salah satu tanaman yang bagus untuk tumbuh di dapur.

3. Lavender


Lavender

Tanaman lavender merupakan salah satu tanaman paling bermanfaat dan dikenal sebagai obat herbal serbaguna, khususnya ketika tanaman ini disuling menghasilkan minyak. Lavender juga berguna untuk bumbu dan juga untuk membuat kue. Mengusir serangga pun menjadi kelebihannya juga.

Menumbuhkan lavender dilakukan dengan disemai di dalam rumah lalu ditanam di area luar. Lavender sangat tidak mentolerir kelembaban yang berlebihan maka dari itu harus diletakkan pada tempat yang tinggi atau menggunakan pot.

4. Mint

Peppermint


Mint adalah tanaman yang sangat baik untuk mengusir segala macam hama termasuk hewan pengerat, semut, dan juga laba-laba. Menanamnya di sekitar rumah tentunya akan menjaga tamanmu dari serangan hewan yang tidak diinginkan. Untuk manfaat herbalnya, teh mint dapat membantu meredakan sinus, pusing dan juga membuat pikiran lebih rileks. Minyak alami dari mint juga baik untuk pencernaan dan juga keram saat menstruasi.

5. Rosemary

rosemary

Serupa dengan mint, rosemary juga sangat baik untuk mengusir hama pada kebun termasuk nyamuk dan serangga terbang lainnya. Bahkan kucingpun juga tidak menyukai tanaman ini. Rosemary merupakan tanaman alami yang kuat untuk memperlancar pencernaan, menghilangkan bau mulut, dan juga menghilangkan rasa sakit. Minyak rosemary juga sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Dari menghilangkan ketombe, mempercepat pertumbuhan rambut, dan meredakan iritas kulit. Aroma dari rosemary dapat membantu untuk menjernihkan pikiran menghilangkan kegelisahan dan juga meredakan stress setiap harinya.

6. Lemon Balm / Daun Jeruk


Lemon Balm

Salah satu bagian dari keluarga mint ini mudah ditumbuhkan dan memberikan manfaat pada kesehatan. Aroma citrus yang dikeluarkan juga menyegarkan. Daun ini secara alami menghilangkan ketegangan dan rasa gugup. Lemon balm juga dapat diaplikasikan untuk meredakan keram dan sakit perut serta memperlancar pencernaan. Teh dari daun ini biasanya dikonsumsi untuk menjernihkan mental, dan meningkatkan kewaspadaan. Menambahkan lemon balm yang fresh pada salad akan memberikan kesegaran citrus.

7. Parsley / Peterseli

Parsley

Parsley merupakan tanaman anti bakteri yang dapat menambahkan sistem imun dan juga menetralkan bau nafas. Sebagai tanaman antioksidan dan antiinflamasi yang kuat sangat bagus untuk pencernaan dan detokfikasi. Akan tetapi wanita hamil perlu menjauh dari tanaman ini karena dapat menginduksi kontraksi rahim. Saat memasak di dapur, parsley akan menambahkan rasa pada masakan sayur-sayuran.

8. Sage

Sage

Teh dari sage merupakan salah satu obat herbal yang efektif. Minuman tersebut akan memberikan berbagai dampak positif seperti memperlambat putihnya rambut, meredakan demam, dan juga menenangkan kepanikan dan kegugupan. Teh ini juga bisa menenangkan penyakit gas lambung yang diakibatkan stress dan juga mengobati infeksi di mulut dan kerongkongan. Dalam memasak penggunaannya lebih digunakan sebagai bumbu saus dan penghias. Baik bunga dan daunnya sangat baik untuk dijadikan teh herbal.

Nah itu dia beberapa tanaman herbal yang bisa ditumbuhkan di area sekitar dapur. Selain baik untuk kesehatan, tentunya akan membuat masakan makin enak dan beraroma sedap.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter