article / Building / Unik! Bangunan Kapsul Berbentuk Telur yang Mengapung di Air, Alternatif Hunian Minimalis yang Dekat dengan Alam
13 April 2018 73 Views

Unik! Bangunan Kapsul Berbentuk Telur yang Mengapung di Air, Alternatif Hunian Minimalis yang Dekat dengan Alam

Stephen Turner, seorang seniman pemilik dari sebuah bangunan dengan bentukan seperti telur yang terbuat dari material kayu. Bangunan ini diberi nama "Exbury Egg", dimana bangunannya difungsikan untuk studio dan juga tempat bereksperimen sang seniman untuk mengartikan sebuah rumah. Bangunan yang mengapung di air ini awalnya hanya dibuat untuk sebuah instalasi namun sudah berubah menjadi sebuah rumah bagi Turner.

Bangunan dengan sebuah ruang kecil ini memiliki tampilan kayu yang sangat halus baik pada bagian eksterior maupun interiornya. Meski berukuran kecil namun fasilitas di dalamnya cukup lengkap dan dapat berfungsi dengan baik. Lokasinya yang berada di sekitar danau pun juga akan memberikan inspirasi ketika terbangun di tempat ini. Bagi seorang seniman, alam merupakan hal yang sangat menenangkan.

Pada bangunan unik ini terdapat sebuah pintu di bagian tengahnya. Tentunya untuk bisa keluar dari kapsul telur ini, kapsul hunian perlu didempetkan dengan dermaga yang portable yang dibangun dekat dengan kapsul ini.


Kapsul telur ini tidak selalu berada di pinggiran danau yang dekat dengan dermaga, namun juga dapat dibiarkan mengapung di area terbuka dengan bantuan tali pengikat yang dikaitkan pada luar bangunan. Tali tersebut membuat bangunan lebih aman sehingga tidak terbawa arus dari aliran air. Bentuknya yang atraktif dan ergonomis sangat menarik perhatian.

Papan kayu pada pelingkup luar bangunannya didesain dengan berbagai macam pola. Pola tersebut terbentuk tentunya karena papan kayu harus menyesuaikan diri dengan kerangka melengkungnya. Tidak hanya itu saja, hal tersebut pun menambah nilai estetika tersendiri pada kapsul ini.


Pada bagian dalam kapsul dilengkapi dengan area tidur, bekerja, memasak, dan juga kamar mandi yang dibatasi dengan partisi. Area kamar tidur berada di ujung kapsul telur yang lebih lancip. Terdapat kasur dan juga lantai yang ditinggikan untuk menunjukkan batas ruang di dalamnya. Area meja kerjanya dipenuhi dengan cahaya dari bukaan pintu dan juga jendela pada atapnya.


Kemudian untuk bagian tengahnya, terdapat hammock yang dapat dipasang dan dicopot setiap waktu untuk bersantai. Hammock ini pun juga dapat digunakan untuk tidur sambil memandang langit berbintang dari jendela kaca di atapnya. Sedangkan ketika hammock tidak digunakan, area dapur untuk menyiapkan makanan dapat digunakan untuk membuat makanan yang lezat.

Untuk sisi lain dari ujung kapsul telur ini terdapat kamar mandi yang tentunya dapat digunakan untuk membersihkan diri seperti halnya mandi dengan shower. Pada bagian lantainya tidak dibuat dari kayu melainkan bahan lainnya yang aman bila terkena air. Untuk ruang disebelah kamar mandinya difungsikan sebagai ruang penyimpanan ataupun closet dimana penghuni dapat meletakkan pakaiannya ataupun berbagai barang lainnya.

Karena adanya berbagai fasilitas inilah, kapsul telur dapat difungsikan sebagai hunian oleh Stephen Turner. Selain bentuk telur dan pola dari papan kayunya, kerangka ekspos pada bagian dalam hunian memberikan kesan unik dan juga kokoh.

sumber: trendir

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter