article / Kitchen / KONSEP DAPUR KOTOR APIK , BIKIN MASAK ANDA JADI ENJOY!
10 September 2021 598 Views

KONSEP DAPUR KOTOR APIK , BIKIN MASAK ANDA JADI ENJOY!


Adanya dapur kotor dapat memberikan keleluasaan penghuninya saat memasak. Dapur kotor adalah ruang dapur yang berfungsi untuk melakukan aktivitas memasak secara ‘berat’. Jadi, memang peruntukkannya untuk masak dengan sekala banyak jadi tak perlu khawatir jika dapur kotor. Dapur kotor sendiri biasanya didesain dan diletakkan di bagian yang tidak terlihat dari ruang tamu atau ruang utama. Biasanya para pemilik hunian akan memanfaatkan teras belakang rumah atau patio untuk membuat dapur kotor. Nah, buat kamu yang tertarik untuk menghadirkan dapur kotor di belakang rumah, kali ini kita sudah menyiapkan beberapa contoh inspirasi desain dapur kotor yang bisa diterapkan di rumahmu. Seperti apa, ya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Dapur Kotor Ala Rustic

ytimage.com

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan ruang, dapur kotor mungil ini bisa kamu jadikan inspirasi. Tema rustik dengan paduan elemen kayu pada bagian kabinet dan semen bergaya unfinished pada bagian permukaan meja dapur membuat dapur kotor ini memiliki sensasi dan kesan unik tersendiri yang akan membuatmu betah berlama-lama untuk memasak. Meskipun mungil, dapur kotor ini juga dilengkapi dengan lemari dapur untuk menyimpan bahan makanan dan wastafel untuk mencuci bahan-bahan makanan. Tak lupa juga mini kitchen bar untuk meletakkan makanan yang sudah jadi. Kamu juga bisa menambahkan tumbuhan hijau di beberapa sudut dapur untuk menciptakan suasana yang asri. Dapur kotor ini sangat spesial, kan?

2. Dapur Kotor Unfinished

pinterest.com

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan bujet dan ruang, mungkin desain kotor ini bisa membantu. Tema kayu dan unfinished semen pada bagian dinding dapur kotor akan memancarkan sensasi unik tersendiri. Tak lupa juga mini kitchen bar untuk meletakkan makanan yang sudah jadi. Kamu juga bisa menambahkan tumbuhan hijau di beberapa sudut dapur untuk menciptakan suasana yang asri. Desain yang istimewa sekali ya?

3. Dapur Kotor Patio Unik

homebnc.com

Dapur kotor ini memiliki nuansa yang hangat seperti desain rumah gaya Eropa yang berada pada patio atau serambi terbuka di belakang rumah. Dilengkapi dengan kerangka kayu yang tidak dipoles sebagai penghias bagian dapur. Selain berfungsi sebagai dapur kotor, dapur ini juga bisa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga untuk pesta barbeque di rumah.

4. Pojok Dapur Kotor belakang Rumah

pintersest.com

Dapur kotor yang satu ini memanfaatkan lorong belakang rumah yang tidak terpakai. Dapur kotor ini memiliki konsep desain dapur minimalis dengan menggunakan dinding rumah backsplash. Tak lupa juga bagian terpenting dari dapur kotor, yaitu kitchen island sederhana yang terdiri dari wastafel cuci piring dan alat pemanggang. Jika ada ruang lebih, tambahkan meja makan agar kamu dan keluarga bisa langsung menyantap makanan sambil bersantai di belakang rumah.

5. Sudut Dapur Kotor

Google.com

Punya lahan yang sempit di rumah, tapi ingin buat dapur kotor yang nyaman? Buat saja dengan desain outdoor. Jika tersisa lahan di sudut lahan dengan bentuk persegi, maka buatlah ruangan yang cukup leluasa untuk bergerak.

Letakkan peralatan memasak mengikuti sisa ruangan yang ada dengan mengikuti bentuk ruangan. Di tengahnya biarkan kosong untuk tempat kita berjalan dengan leluasa di dapur kotor.

Salah satu kelebihan desain dapur kotor outdoor adalah sirkulasi udara yang berjalan dengan baik. Dengan begitu, hawa panas saat memasak tidak akan begitu terasa.

6. Dapur Kotor Outdoor Memanjang

Google.com

Tersisa lahan memanjang di halaman belakang rumah? Ini bisa dipergunakan untuk dapur kotor, lho. Letakkan peralatan memasak secara memanjang, mengikuti sisa ruang yang ada. Maka sudah bisa dijadikan dapur kotor outdoor yang berguna. Karena berada di luar ruangan, jangan lupa untuk melindungi dapur. Beri penutup di bagian depan dan atas dapur yang sempurna. Agar jika hujan atau angin kencang, kondisi dapur tetap aman. Alat masak-memasak pun bisa tetap terlindung. Desain mana yang akan kamu pilih? Pastikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Dan untuk menentukan pilihan desain dapur kotor mana yang terbaik, bisa kamu lihat dari bentuk ruangan yang kamu sediakan untuk dapur kotor. Ingat, desain dapur kotor lebih mementingkan fungsionalnya ketimbang bentuknya. Apakah itu terbuka, semi terbuka, memanjang atau persegi, pilih saja yang sesuai kebutuhanmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :)

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter